FENOMENA FOMO DALAM TREND FASHION HIJAB DI TIKTOK: STUDI KASUS PERILAKU MAHASISWA KPI UIN SIBER SYEKH NURJATI CIREBON

NAYSHA LAURA ZAHRA, (2025) FENOMENA FOMO DALAM TREND FASHION HIJAB DI TIKTOK: STUDI KASUS PERILAKU MAHASISWA KPI UIN SIBER SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.

[img] Text
2008302166_1_cover.pdf

Download (987kB)
[img] Text
2008302166_2_bab1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
2008302166_6_bab5.pdf

Download (128kB)
[img] Text
2008302166_7_dafpus.pdf

Download (193kB)

Abstract

Banyaknya kesamaan dalam penggunaan jenis hijab, gaya hijab dan aksesoris hijab pada mahasiswa pengguna TikTok, menjadi sebuah fenomena trend fashion hijab dari cepatnya arus informasi dalam TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji fenomena FoMO trend fashion hijab TikTok yang terjadi pada mahasiswa KPI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Sehingga bisa mengetahui proses perilaku FoMO dan faktor terjadinya perilaku FoMO pada mahasiswa KPI. Adapun pembaruan dari penelitian ini dengan penelitian lainnya adalah mengaitkan fenomena trend fashion hijab TikTok dengan FoMO menggunakan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow, Teori Difusi Inovasi, dan Teori Perbandingan Sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang melibatkan enam mahasiswa sebagai informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan melakukan observasi pra-penelitian, observasi penelitian, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah model Miles dan Huberman tahun 1994. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya TikTok memiliki peran dalam membentuk perilaku FoMO yang terjadi pada mahasiswa KPI. Berbagai konten terkait trend fashion hijab yang muncul di TikTok mendorong mahasiswa untuk berperilaku FoMO terhadap gaya, jenis, merek dan juga aksesoris hijab yang sedang viral. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, FoMO yang terjadi pada mahasiswa berasal dari faktor internal untuk memenuhi kebutuhan psikologis dan faktor eksternal untuk memenuhi kebutuhan sosial.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 01 Aug 2025 07:11
Last Modified: 01 Aug 2025 07:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16424

Actions (login required)

View Item View Item