RANI NURROHMAH, (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH DESA DALAM MENYALURKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DI DESA CIGADUNG KECAMATAN BANJARHARJO KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108302038_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108302038_2_bab1.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
2108302038_6_bab5.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
2108302038_7_dafpus.pdf Download (263kB) |
Abstract
Bantuan Langsung Tunai (BLT) merupakan salah satu program pemerintah yang diberikan secara langsung kepada masyarakat yang terdampak oleh kondisi ekonomi. Program ini bertujuan untuk meringankan beban kebutuhan pokok keluarga miskin dan rentan, sekaligus menjaga daya beli masyarakat agar tidak menurun secara drastis. Namun, efektivitas penyaluran BLT sangat bergantung pada mekanisme distribusi yang tepat sasaran dan transparan. Oleh karena itu, pemahaman tentang proses penyaluran BLT serta kendala yang mungkin muncul menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan program ini dapat memberikan manfaat yang optimal bagi penerimanya. Adapun pertanyaan penelitiannya adalah Bagaimanakah proses perencanaan yang dilakukan oleh pemerintah desa dalam menyalurkan bantuan langdung tunai di Desa Cigadung? Bagaimanakah pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah desa terhadap program penyaluran bantuan langsung tunai di Desa Cigadung? Bagaimanakah pemerintah desa mengatasi faktor-faktor penghambat komunikasi dalam menyalurkan Bantuan Langsung Tunai? Bagaimanakah pemerintah desa memanfaatkan faktor-faktor pendukung komunikasi dalam menyalurkan Bantuan Langsung Tunai? Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui strategi komunikasi organisasi yang dilakukan oleh pemerintah Desa Cigadung dalam menyalurkan Bantuan Langsung Tunai, (2) untuk mengetahui media apa saja yang digunakan oleh pemerintah desa dalam mensosialisasikan bantuan. (3) untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung serta penghambat bagi pemerintah Desa Cigadung dalam menyalurkan Bantuan Langsung Tunai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan data studi kasus. Informasi yang diperoleh peneliti menjadi uraian atau penjelasan rinci dan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sumber datanya terdiri dari data primer dan sekunder. Adapun metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil yang didapat peneliti adalah strategi komunikasi yang dilakukan oleh pemerintah Desa Cigadung dalam menyalurkan bantuan langsung tunai melalui ketua RT survey lapangan, MUSDESUS, pembentukan panitia pelaksana kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Faktor pendukung dalam proses penyaluran adalah pemanfaatan media sosial dan peran ketua RT, serta masyarakat desa. Sedangakan faktor penghambat terdapat pada diri masyarakat. Hasil penerapan srtategi komunikasi yang dilakukan pemerintah desa dalam meningkatkan daya beli masyarakat sudah dilaksanakan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:30 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:30 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16471 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |