KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN MURID DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR DI SDN MARGABAKTI SUBANG

SYIFA AULIA DWI GUSTIAR, (2025) KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN MURID DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR DI SDN MARGABAKTI SUBANG. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.

[img] Text
2108302055_1_cover.pdf

Download (630kB)
[img] Text
2108302055_2_bab1.pdf

Download (276kB)
[img] Text
2108302055_6_bab5.pdf

Download (189kB)
[img] Text
2108302055_7_dafpus.pdf

Download (241kB)

Abstract

Komunikasi interpersonal guru dan murid berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendorong motivasi berprestasi. Motivasi belajar menjadi kunci dalam menentukan usaha dan komitmen siswa dalam mencapai tujuan akademik. Pertanyaan penelitian ini: (1) Bagaimana bentuk komunikasi interpersonal yang dilakukan guru kepada murid di SDN Margabakti Subang? (2) Bagaimana peran komunikasi interpersonal guru dalam menumbuhkan motivasi belajar murid di SDN Margabakti Subang? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam komunikasi interpersonal antara guru dan murid di SDN Margabakti Subang? (4) Bagaimana respons atau tanggapan murid terhadap komunikasi interpersonal yang dibangun oleh guru? (5) Sejauh mana komunikasi interpersonal guru memengaruhi dimensi afektif, kognitif, dan konatif dalam motivasi belajar murid? Berdasarkan rumusan masalah maka tujuan dalam penelitian ini: (1) Untuk mengetahui bentuk komunikasi interpersonal yang dilakukan guru kepada murid di SDN Margabakti Subang. (2) Untuk mengetahui peran komunikasi interpersonal guru dalam menumbuhkan motivasi belajar murid di SDN Margabakti Subang. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam komunikasi interpersonal antara guru dan murid di SDN Margabakti Subang. (4) Untuk mengetahui respons atau tanggapan murid terhadap komunikasi interpersonal yang dibangun oleh guru. (5) Untuk mengetahui komunikasi interpersonal guru memengaruhi dimensi afektif, kognitif, dan konatif dalam motivasi belajar murid. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data terdiri data primer dan data sekunder. Dengan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan studi kasus Menurut Miles & Huberman, yang melibatkan proses reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) komunikasi interpersonal yang dilakukan guru bersifat hangat, terbuka, dan empatik. (2) guru menumbuhkan rasa nyaman, senang, dan dihargai pada diri murid sehingga lebih percaya diri. (3) Komunikasi guru yang jelas, sabar, dan interaktif membuat murid lebih mudah memahami materi pelajaran. (4) Murid menunjukkan peningkatan motivasi berprestasi setelah merasakan perhatian dan dorongan dari guru. (5) komunikasi interpersonal mampu menyentuh emosi, meningkatkan pemahaman, dan mendorong tindakan belajar sesuai dengan teori motivasi McClelland.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:22
Last Modified: 04 Aug 2025 03:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16481

Actions (login required)

View Item View Item