GAYA BAHASA GENERASI Z DALAM INTERAKSI SOSIAL MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Laila Kamilia, (2025) GAYA BAHASA GENERASI Z DALAM INTERAKSI SOSIAL MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.

[img] Text
2108302065_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108302065_2_bab1.pdf

Download (496kB)
[img] Text
2108302065_6_bab5.pdf

Download (393kB)
[img] Text
2108302065_7_dafpus.pdf

Download (470kB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara Generasi Z dalam berinteraksi dan berkomunikasi, terutama melalui media sosial Instagram. Generasi Z cenderung memiliki gaya bahasa komunikasi yang khas, seperti penggunaan emoji, bahasa singkatan, visualisasi, dan interaksi multitasking. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa komunikasi Generasi Z dalam interaksi sosial di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam hal ini penulis menggunakan teknik untuk menganalisis data ialah menggunakan metode analisis deskriptif, yaitu gambaran dan lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fenomena atau hubungan antar fenomena yang diselidiki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Generasi Z memanfaatkan Instagram sebagai sarana ekspresi diri dan interaksi sosial, tidak hanya itu saja melainkan Generasi Z juga memiliki karakteristik Gaya bahasa tersendiri. Mereka selalu menggunakan emoji untuk mengekspresikan akan hal sesuatu.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:41
Last Modified: 04 Aug 2025 03:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16485

Actions (login required)

View Item View Item