Nurlaelah, (2025) PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA MELALUI PEMBIASAAN DAN KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 LEUWIMUNDING KABUPATEN MAJALENGKA”. Masters thesis, UIN Siber Syekh Nurjati.
![]() |
Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. BAB I.pdf Download (414kB) |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (311kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembentukan perilaku keagamaan siswa melalui pembiasaan dan teladanan guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya peran pendidikan agama dalam membentuk karakter dan perilaku siswa yang religius di tengah fenomena degradasi moral di kalangan remaja. Dalam konteks pendidikan Islam, pembiasaan dan keteladanan guru merupakan dua pendekatan strategis yang diyakini mampu menanamkan nilai nilai keagamaan secara efektif dan berkelanjutan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, serta siswa kelas VII dan VIII, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku keagamaan siswa terbentuk melalui pembiasaan aktivitas keagamaan harian seperti shalat Dhuha, shalat Dzuhur berjamaah, membaca dan menghafal Al-quran, serta pembiasaan akhlak seperti bersikap sopan, jujur, dan disiplin. Keteladanan guru Pendidikan Agama Islam memainkan peran penting dalam membentuk perilaku tersebut, yang tampak dari sikap, ucapan, dan perbuatan guru yang menjadi panutan siswa. Pembentukan ini berhasil menciptakan lingkungan sekolah yang religius dan membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembiasaan dan keteladanan guru PAI secara signifikan berkontribusi terhadap pembentukan perilaku keagamaan siswa. Pembiasaan memberikan pola praktik keagamaan yang konsisten, sementara keteladanan guru memberikan model nyata yang ditiru siswa dalam kehidupan sehari-hari.Kata Kunci: Perilaku Keagamaan, Pembiasaan, Keteladanan,
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Keagamaan, Pembiasaan, Keteladanan, |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 02:15 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 02:15 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16524 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |