Kuni Andini, (2024) Analisis kemampuan guru Menerapkan keterampilan bertanya terhadap berfikir Kritis siswa pada pembelajaran pkn kelas iv di sdn 1 Losari kidul kecamatan losari. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
1808107085_1_cover.pdf Download (929kB) |
![]() |
Text
1808107085_2_bab1.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
1808107085_6_bab5.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
1808107085_7_dafpus.pdf Download (198kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya keterampilan guru dalam bertanya. Hal ini disebabkan guru belum sepenuhnya memahami beberapa komponen dalam keterampilan bertanya. Keterampilan bertanya merupakan keterampilan mengajar yang bersifat mendasar yang dipersyaratkan bagi penguasaan keterampilan berikutnya. Keterampilan bertanya tidak hanya bertujuan untuk memperoleh informasi, namun juga meningkatkan terjadinya interaksi antara guru dengan siswa. Adapun keterampilan bertanya meliputi keterampilan bertanya dasar dan keterampilan bertanya lanjut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah analisis kemampuan guru menerapkan keterampilan bertanya terhadap berfikir kritis siswa pada pembelajaran PKN di SDN 1 Losari Kidul Kecamatan Losari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan seberapa besar analisis kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan bertanya terhadap berfikir kritis siswa pada pembelajaran PKN kelas IV SDN 1 Losari Kidul Kecamatan Losari. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 1 Losari Kidul Kecamatan Losari. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan SDN 1 Losari Kidul Kecamatan Losari dalam menguasai keterampilan bertanya mempunyai persentase 70,46% termasuk kriteria cukup baik. Simpulan dari penelitian ini adalah guru sudah menguasai keterampilan bertanya dengan cukup baik namun terdapat beberapa komponen dari bertanya yang belum dikuasai diantaranya adalah pemberian tuntunan, penggunaan pertanyaan pelacak, terjadinya peningkatan interaksi di dalam kelas, dan pengubahan tuntunan tingkat kognitif dalam menjawab pertanyaan. Saran bagi guru adalah guru harus memahami sepunuhnya komponen-komponen dalam keterampilan bertanya, dan guru juga harus meningkatkan interaksi dengan siswa di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru, Keterampilan Bertanya, Pembelajaran PKN. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 02:55 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 02:55 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |