Nur Fadilah, (2025) Analisis nilai-nilai pendidikan terhadap novel kami (bukan) sarjana kertas karya j.s. Khairen dan Pemanfaatannya sebagai modul ajar novel di kelas xi Sma. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
1808110072_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
1808110072_2_bab1.pdf Download (565kB) |
![]() |
Text
1808110072_6_bab5.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text
1808110072_7_dafpus.pdf Download (554kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J.S. Khairen serta menjelaskan pemanfaatannya sebagai modul pembelajaran di kelas XI SMA berdasarkan Kurikulum Merdeka, khususnya pada KD 3.20 yang menekankan analisis makna dan nilai dari buku fiksi yang dibaca. Latar belakang penelitian ini didasari oleh maraknya kekerasan dan penyimpangan perilaku di lingkungan pendidikan, seperti perkelahian antarsiswa, kenakalan remaja, hingga kekerasan yang dilegitimasi sebagai bentuk disiplin. Dalam konteks ini, karya sastra dapat menjadi media yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai positif dan membentuk karakter peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan pragmatik yang memandang karya sastra sebagai sarana penyampaian pesan dan nilai-nilai tertentu kepada pembaca. Teknik analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman yang meliputi tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui studi dokumentasi terhadap isi novel dan dianalisis berdasarkan ikon, indeks, dan simbol yang relevan dengan nilai pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas mengandung tiga kategori utama nilai pendidikan, yaitu nilai ketuhanan (seperti keyakinan terhadap Tuhan dan keikhlasan), nilai sosial (seperti kerja sama, empati, dan solidaritas), serta nilai moral (seperti tanggung jawab, kejujuran, dan sikap pantang menyerah). Ketiga nilai ini dihadirkan melalui tokoh, dialog, dan peristiwa dalam cerita yang sangat dekat dengan realitas kehidupan mahasiswa dan remaja. Dominasi nilai-nilai tersebut menunjukkan bahwa novel ini memiliki potensi besar untuk dijadikan sebagai bahan ajar yang tidak hanya mengembangkan kemampuan literasi siswa, tetapi juga membentuk karakter mereka secara utuh. Dengan demikian, pemanfaatan novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas sebagai modul pembelajaran di SMA sangat relevan dan bermanfaat untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan kepada peserta didik melalui pendekatan yang kontekstual dan inspiratif.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan; Novel; Modul Ajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 03:15 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 03:15 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16542 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |