Miranti, (2025) Struktur teks cerita fantasi Karya peserta didik kelas vii di smpn 1 lemahabang Dan pemanfaatannya sebagai instrumen penilaian Pembelajaran bahasa indonesia. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
1908110044_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
1908110044_2_bab1.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
1908110044_6_bab5.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
1908110044_7_dafpus.pdf Download (216kB) |
Abstract
Teks cerita fantasi menjadi salah satu materi pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas VII dengan kompetensi dasar 4.4, yakni menyajikan ide kreatif pada bentuk cerita yang bersifat khayalan secara tulis dan lisan, serta memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa. Teks cerita fantasi merupakan suatu karangan yang bersifat khayalan dan imajinatif yang tidak ada di dunia ini. Berdasarkan kompetensi dasar 4.4 materi teks cerita fantasi, peserta didik diharapkan mampu membuat karangan tertulis dengan memperhatikan kelengkapan struktur, pilihan kata, kalimat, tanda baca, dan ejaan. Selain itu, dalam kurikulum merdeka capaian yang harus didapat oleh peserta didik yaitu peserta didik mampu membuat karangan teks cerita fantasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kelas VII SMPN 1 Lemahabang. Sumber data dalam penelitian ini adalah karangan tulis Peserta Didik kelas VII SMPN 1 Lemahabang yang berupa teks cerita fantasi. Adapun data penelitiannya adalah penggalan wacana teks cerita fantasi karya peserta didik SMPN 1 Lemahabang. Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural dan instrumen penelitiannya adalah kartu data. Teknik analisis data yang digunakan ada tiga, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasilnya adalah dari 53 data yang diambil ada 20 yang termasuk struktur orientasi, 20 yang termasuk struktur komplikasi dan 13 yang termasuk struktur resolusi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa secara umum peserta didik kelas VII SMPN 1 Lemahabang telah menggunakan ketiga unsur teks cerita fantasi. Hal ini terbukti dari 20 teks cerita fantasi yang dianalisis ada 13 teks cerita fantasi yang memiliki struktur lengkap, yaitu orientasi, komplikasi, dan resolusi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cerita fantasi, instrumen penilaian, struktur teks |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 03:25 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 03:25 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16545 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |