Eva Siti Khofipah Aulia Rahma, (2025) Pengaruh penerapan model Pembelajaran kooperatif Learning tipe scramble Untuk meningkatkan hasil Belajar siswa pada mata Pelajaran fikih kelas x di Man 2 kuningan. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108101140_1_cover.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
2108101140_2_bab1.pdf Download (521kB) |
![]() |
Text
2108101140_6_bab5.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text
2108101140_7_dafpus.pdf Download (265kB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Fikih menjadi tantangan seorang guru dalam melakukan inovasi metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan, perbedaan, dan pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Scramble terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas X di MAN 2 Kuningan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design dan desain One-Group Pretest-Posttest. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Pre-Experimental Design dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda, menjodohkan, dan uraian singkat. Analisis data dilakukan menggunakan uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan: 1) model pembelajaran Kooperatif tipe Scramble mendukung pengembangan keterampilan sosial, berpikir kritis, kolaborasi, dan nilai-nilai keislaman, menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan holistik. Dengan demikian, model pembelajaran Kooperatif tipe Scramble efektif diterapkan dalam pembelajaran Fikih untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 2) adanya peningkatan nilai rata-rata dari 61,31 (pretest) menjadi 87,34 (posttest), dengan nilai selisih sebesar 26,03. Uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. 3) Berdasarkan uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,232 yang berarti pretest memberikan kontribusi sebesar 23,2% terhadap hasil posttest. Nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 menunjukkan bahwa pengaruh tersebut signifikan. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Scramble memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan sampel yang lebih luas dan membandingkan efektifitas model pembelajaran tipe Scramble dengan model pembelajaran lainnya, serta menguji pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Scramble, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Fikih |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 07:20 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 07:20 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16586 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |