Pengaruh Media Komik Digital terhadap Minat Baca Siswa Kelas V MI Salafiyah

Amanda Fairuz Angelika, (2025) Pengaruh Media Komik Digital terhadap Minat Baca Siswa Kelas V MI Salafiyah. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.

[img] Text
2108107013_1_cover.pdf

Download (865kB)
[img] Text
2108107013_2_bab1.pdf

Download (123kB)
[img] Text
2108107013_6_bab5.pdf

Download (110kB)
[img] Text
2108107013_7_dafpus.pdf

Download (192kB)

Abstract

Rendahnya minat baca siswa sekolah dasar masih menjadi persoalan serius dalam dunia pendidikan Indonesia. Data internasional seperti PISA dan PIRLS menunjukkan rendahnya capaian literasi siswa Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakter siswa abad ke-21. Di era digital, siswa cenderung lebih tertarik pada konten visual dan interaktif daripada teks konvensional, sehingga dibutuhkan inovasi media pembelajaran seperti komik digital. Berdasarkan teori Gerlach & Ely, media yang efektif adalah media yang mampu menyalurkan pesan dan merangsang perhatian, perasaan dan pikiran siswa. Komik digital memenuhi unsur tersebut melalui tampian visual dan cerita yang dekat dengan dunia siswa. Selain itu, komik digital dinilai mampu meningkatkan motivasi dan minat membaca karena menghadirkan bacaan yang menyenangkan dan tidak membosankan. Media ini juga dinilai dapat meningkatkan motivasi dan minat baca karena menyajikan bacaan yang lebih menarik dan menyenangkan dibandingkan teks biasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media komik digital dalam pembelajaran, membandingkan minat baca siswa sebelum dan sesudah penggunaan media, serta menguji pengaruh media komik digital terhadap minat baca siswa kelas V MI Salafiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Reseacrh and Development dengan model desain ADDIE. Sampel terdiri dari satu kelas, yaitu kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon yang berjumlah 28 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan lembar validasi ahli media, materi dan Bahasa lalu dianalisis dengan menggunakan uji N-Gain. Berdasarkan hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa peningkatan minat baca siswa pada kelas V berada pada kategori cukup efektif dengan skor 0,56 / 56%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media komik digital berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan minat baca siswa kelas V MI Salafiyah. Dengan tingkat kelayakan sebesar 3,25 yang berarti media sangat layak digunakan dalam pembelajaran serta pada penerapannya, data observasi menunjukkan hasil 80% yang dikategorikan baik dalam pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Komik Digital, Minat Baca, Siswa Kelas V
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 05 Aug 2025 07:46
Last Modified: 05 Aug 2025 07:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16591

Actions (login required)

View Item View Item