Fadilah Nur Shella, (2025) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Di MI Salafiyah Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108107017_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108107017_2_bab1.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
2108107017_6_bab5.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
2108107017_7_dafpus.pdf Download (275kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya dalam mendorong profesionalitas guru. Guru sebagai faktor kunci pendidikan harus memiliki profesionalitas yang tinggi, yang tercermin dari kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Namun, profesionalitas guru tidak terbentuk secara otomatis, melainkan dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kepemimpinan kepala sekolah yang efektif, komunikatif, dan mampu menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Kajian teori dalam penelitian ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah dan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Guru. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berperan penting dalam mendorong kinerja dan profesionalitas guru. Dengan merujuk pada teori dan penelitian terdahulu tersebut, peneliti merumuskan bahwa terdapat pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalitas guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh guru dan siswa kelas VI MI Salafiyah Kota Cirebon. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, yang dianalisis dengan uji normalitas, linearitas, dan regresi linear sederhana. Hasil uji menunjukkan data berdistribusi normal dan hubungan antara variabel bersifat linear. Nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 dan nilai r square sebesar 0,291 menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memberikan kontribusi sebesar 29,1% terhadap profesionalitas guru. Berdasarkan hasil penelitian, kepemimpinan kepala sekolah di MI Salafiyah termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan skor 89,36%, dan profesionalitas guru termasuk dalam kategori “baik” dengan skor 82,05%. Temuan ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalitas guru. Hasil ini diperkuat oleh penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa peran kepala sekolah sebagai pembimbing dan motivator mampu meningkatkan kinerja guru. Oleh karena itu, kepala sekolah perlu terus mengembangkan gaya kepemimpinannya agar lebih efektif dalam membina profesionalitas guru di lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalitas Guru |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 07:54 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 07:54 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16593 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |