Fitry Aulia Izani, (2025) Analisis Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V MIN 1 Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108107043_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108107043_2_bab1.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
2108107043_6_bab5.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
2108107043_7_dafpus.pdf Download (369kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreeativitas siswa kelas 5 yang menujukkan adanya permasalahan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang diterapkan guru dan optimalisasi peran guru dalam memicu kreativitas siswa, seperti kesulitan siswa dalam menghasilkan ide orisinal, melihat masalah dari berbagai sudut pandang, serta merinci dan menjustifikasi ide-ide siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), menganalisis tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kreativitas siswa dan menganalisis respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran IPAS kelaas 5 MIN 1 Kabuapaten Cirebon. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif penelitian ini dilakukan di MIN 1 Kabupaten Cirebon. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu berupa reduksi data, penyajian data, dan terakhir menarik kesimpulan hasil temuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran Projet Based Learning (PjBL) pada kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dalam proyek sudah baik. Namun kompetensi profesional perlu ditingkatkan (2) Kreativitas siswa yang rendah pada aspek keluwesan (flexibility), Keaslian (Originality), Elaborasi (elaboration) sehingga menjadi sebuah tantangan bagi guru dalam menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) (3) Respon siswa yang menunjukkan kemampuan guru yang sangat positif pada kompetensi pedagogik, kepribadian, soial pada proyek, namun respon siswa terhadap komepetensi profesional guru menunjukkan kekurangan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Guru, Project Based Learning (PjBL), Kreativitas siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 02:47 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 02:47 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |