Yuli Alfiya, (2025) Pengaruh Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas V MIN 1 Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108107061_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108107061_2_bab1.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
2108107061_6_bab5.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
2108107061_7_dafpus.pdf Download (233kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penurunan karakter religius siswa yang ditandai dengan kurangnya kesadaran dalam menjalankan ajaran agama, seperti tidak melaksanakan salat, puasa, serta kurangnya sopan santun dalam pergaulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana pelaksanaan pembiasaan membaca asmaul husna siswa di kelas V MIN 1 Kabupaten Cirebon (2) bagaimana pembentukan karakter religius siswa di kelas V MIN 1 Kabupaten Cirebon (3) pengaruh pembiasaan membaca asmaul husna terhadap pembentukan karakter religius siswa kelas V MIN 1 Kabupaten Cirebon. Pembiasaan adalah proses yang dilakukan secara berulang-ulang dan konsisten untuk menanamkan suatu perilaku hingga menjadi kebiasaan yang melekat dalam diri individu. Karakter religius merupakan cerminan kepribadian seseorang yang tercermin melalui ketaatan, kepatuhan, dan pengamalan terhadap ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya menyangkut hubungan dengan Tuhan, tetapi juga hubungan dengan sesama manusia dan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan desain ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MIN 1 Kabupaten Cirebon, dengan sampel sebanyak 75 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan adalah angket yang kemudian dianalisis melalui uji normalitas, uji reabilitas, uji linearitas, uji determinasi, uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan hasil angket pembiasaan membaca asmaul husna memperoleh presentase sebesar 79% masuk dalam kategori kuat sedangkan pembentukan karakter religius memperoleh presentase sebesar 83% masuk dalam kategori sangat kuat. Adapun hasil pengelolaan data uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana dengan hasil diperoleh t hitung 7,111 > t tabel 1,994 maka dapat diketahui hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang artinya terdapat pengaruh pembiasaan membaca asmaul husna terhadap pembentukan karakter religius siswa kelas V MIN 1 Kabupaten Cirebon. Adapun pengaruh pembiasaan membaca asmaul husna terhadap pembentukan karakter religius siswa sebesar 40,9% dan sisanya dipengaruhi faktor lainnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Habituation, Reading Asmaul Husna, Religious character. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 02:57 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 02:57 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |