Millatul fitriyah, (2025) Pengaruh Strategi Pembelajaran Drta (Directed Readingthinking Activity) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Mi Hidayatus Shibyan Talun Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108107062_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108107062_2_bab1.pdf Download (550kB) |
![]() |
Text
2108107062_6_bab5.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
2108107062_7_dafpus.pdf Download (461kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Berdasarkan hasil observasi, banyak siswa yang masih kesulitan memahami isi bacaan, menganalisis informasi, menyampaikan pendapat, dan menarik kesimpulan secara logis. Salah satu penyebabnya adalah metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan tidak melibatkan siswa secara aktif. Untuk mengatasi hal ini, strategi Directed Reading ThinkingUntuk mengatasi permasalahan tersebut, strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) diterapkan sebagai pendekatan yang dapat menstimulasi siswa agar terlibat secara aktif dalam proses memahami teks secara kritis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan strategi DRTA dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, (2) mengukur kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah penerapan strategi DRTA, serta (3) menganalisis pengaruh strategi DRTA terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Rumusan masalah tersebut menjadi landasan utama dalam perancangan dan pelaksanaan penelitian dengan fokus pada peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui strategi pembelajaran yang efektif dan inovatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) dan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes (pretest dan posttest) serta lembar observasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t dan perhitungan N-Gain untuk mengukur efektivitas strategi yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi DRTA memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji-t dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Adapun nilai N-Gain yang diperoleh sebesar 0,73 (kategori tinggi) pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol hanya menunjukkan peningkatan sebesar 0,51 (kategori sedang). Dengan demikian, strategi DRTA terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Strategi ini mampu menciptakan pembelajaran yang interaktif dan reflektif, serta melatih siswa untuk berpikir logis, menganalisis informasi secara mendalam, dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti yang ada. Oleh karena itu, strategi DRTA direkomendasikan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang relevan untuk diterapkan di sekolah dasar guna mendukung pencapaian keterampilan abad ke-21.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DRTA, Berpikir Kritis, Bahasa Indonesia, Siswa Sekolah Dasar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:00 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:00 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16603 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |