Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Ketaatan Terhadap Akhlak Terpuji Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kota Cirebon

Silvia Rokhmah, (2025) Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Ketaatan Terhadap Akhlak Terpuji Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.

[img] Text
2108107072_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108107072_2_bab1.pdf

Download (614kB)
[img] Text
2108107072_6_bab5.pdf

Download (236kB)
[img] Text
2108107072_7_dafpus.pdf

Download (460kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan yang cukup serius dalam dunia pendidikan khususnya di madrasah ibtidaiyah, dimana peserta didik mengalami kemerosotan akhlak. Akhlak dan iman ditanamkan di Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan pembelajaran Akidah Akhlak adalah agar peserta didik menjadi pribadi yang jujur, amanah, sabar, dan santun. Akan tetapi banyak peserta didik yang belum menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pembelajaran Akidah Akhlak dalam rangka meningkatkan ketaatan peserta didik terhadap akhlak terpuji di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kota Cirebon. Selain itu penelitian ini juga menganalisis jenis-jenis akhlak terpuji dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaannya. Penelitian ini berlandaskan pada teori internalisasi nilai dari Maulida dan teori pembelajaran sosial dari Mahyuni, penelitian ini menekankan pentingnya keteladanan, kebiasaan, dan penguatan dalam pembentukan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Akidah Akhlak di MI Darul Hikmah Kota Cirebon dapat meningkatkan ketaatan siswa terhadap akhlak terpuji, khususnya sopan santun, jujur, dan amanah. Hal ini dibuktikan dengan tingginya persentase siswa pada indikator sopan santun dengan perolehan skor (85,3%), jujur (73,5%), dan amanah (70,5%). Namun perlu diingat bahwa nilai kesabaran tetap perlu diperhatikan. Faktor yang mendukung keberhasilan tersebut antara lain lingkungan madrasah yang religius dan dukungan guru. Faktor penghambatnya antara lain kurangnya perhatian orang tua dan pengaruh negatif media digital. Dengan kata lain, pembelajaran Akidah Akhlak yang konsisten dan kolaboratif efektif dalam meningkatkan ketaatan siswa terhadap akhlak terpuji. Selain itu juga menekankan pentingnya kerja sama antara sekolah dan keluarga dalam membangun karakter siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Akidah Akhlak, Akhlak Terpuji, Implementasi Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Madrasah Ibtidaiyah.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:08
Last Modified: 06 Aug 2025 03:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16605

Actions (login required)

View Item View Item