Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Kelas V SD Negeri Penggung 1 Kota Cirebon

Iqna Farhati Hanida, (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Kelas V SD Negeri Penggung 1 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.

[img] Text
2108107104_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108107104_2_bab1.pdf

Download (440kB)
[img] Text
2108107104_6_bab5.pdf

Download (347kB)
[img] Text
2108107104_7_dafpus.pdf

Download (282kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berangkat dari rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta terbatasnya variasi model pembelajaran yang digunakan guru, sehingga berdampak pada pencapaian hasil belajar kognitif siswa. Sebagian besar siswa cenderung pasif dan kurang antusias dalam mengikuti pelajaran. Interaksi antara guru dan siswa terbatas, serta penggunaan media pembelajaran belum optimal. Kondisi ini dapat menghambat perkembangan kognitif siswa secara maksimal. Penelitian ini difokuskan pada tiga indikator kognitif, yaitu C1 (mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan) yang sesuai dengan jenjang berpikir siswa kelas V, serta menggunakan pelajaran IPAS untuk mengukur kemampuan tersebut. Metode Two Stay Two Stray adalah metode pengajaran di mana pendidik memberikan kesempatan kepada kelompok siswa untuk berbagi hasil dan informasi dengan kelompok lain. Metode pembelajaran ini adalah pilihan terbaik karena mendorong siswa untuk berinteraksi, bekerja sama, dan menyelesaikan tugas dalam kelompok dengan peran dan tugas khusus. Perkembangan kognitif adalah proses yang berkembang secara bertahap dalam cara berpikir, mengingat, dan memproses informasi, sehingga individu dapat belajar, menyelesaikan masalah, dan membuat rencana untuk waktu yang akan datang. Maka dari itu penelitian ini bertujuan membahas tentang 1) bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Two Stay Two Stray di kelas V di SD Negeri Penggung 1 Kota Cirebon. 2) bagaimana perkembangan kognitif siswa kelas V SD Negeri Penggung 1 Kota Cirebon. 3) bagaimana pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap perkembangan kognitif siswa kelas V SD Negeri Penggung 1 Kota Cirebon. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan metode eksperimen, dan desain penelitian ini yaitu Non Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Penggung 1 Kota Cirebon yang berjumlah 46 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, uji hipotesis. Berdasarkan analisis data bahwa terdapat pengaruh yang baik dan signifikan antara model pembelajaran two stay two stray terhadap perkembangan kognitif siswa di kelas V SD Negeri Penggung 1 Kota Cirebon. Hal ini ditunjukkan oleh uji hipotesis pada nilai test didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 ˂ 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat “pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap perkembangan kognitif siswa kelas V SD Negeri Penggung 1 Kota Cirebon”.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, perkembangan kognitif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:23
Last Modified: 06 Aug 2025 03:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16609

Actions (login required)

View Item View Item