Pengembangan Komik Digital Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Siklus Air untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Firyal Dwi Ezrina Suharta, (2025) Pengembangan Komik Digital Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Siklus Air untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.

[img] Text
2108107113_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108107113_2_bab1.pdf

Download (367kB)
[img] Text
2108107113_6_bab5.pdf

Download (266kB)
[img] Text
2108107113_7_dafpus.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan peserta didik dan guru akan media pembelajaran yang menarik yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, karena pada kelas V SDN Dukuh Semar 1 Kota Cirebon bahwa pembelajaran IPAS hanya menggunakan modul, LKS, buku cetak, youtube power point, dan sesekali bermain game. Peneliti mengembangkan media berupa Komik Digital Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Siklus air untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan media komik digital berbasis kearifan lokal pada materi siklus air, mengetahui kelayakan komik digital berbasis kearifan lokal pada materi siklus air, mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis pada materi siklus air melalui media komik digital, mengetahui kepraktisan media komik digital berbasis kearifan lokal pada materi siklus air Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development tipe ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry (1996) dan memiliki lima tahapan yaitu, Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Peneliti menggunakan populasi siswa kelas V SDN Dukuh Semar 1 Kota Cirebon yang berjumlah 15 peserta didik dan menggunakan sampel dari seluruh populasi yang ada. Hasil penelitian menunjukan pengembangan komik digital berbasis kearifan lokal dimulai dari analisis kebutuhan, kemudian melakukan pengembangan komik menggunakan aplikasi corel draw x7 dan canva dengan menentukan alur cerita, tokoh, karakter, materi dan cover pada komik. Sebelum di uji coba, komik digital diuji kelayakan dari validator media sebesar 89% dengan kategori sangat layak, memperoleh presentase kelayakan dari validator materi sebesar 78% dengan kategori layak, dan memperoleh persentase kelayakan dari validator bahasa sebesar 93% dengan kategori sangat layak. Setelah dilakukan uji kelayakan, selanjutnya analisis uji N-Gain dengan memperoleh hasil rata-rata N-Gain sebesar 0,78 yang berarti N-Gain skor berada kategori tinggi dan N-Gain Persen menunjukan angka 78,26 yang berarti berada di kategori efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Uji kepraktisan memperoleh penilaian respon wali kelas kelas V memiliki persentase sebesar 95% dan terdapat penilaian respon siswa memiliki persentase sebessar 83%. dapat disimpulkan kepraktisan komik digial memenuhi kriteria sangat valid atau sangat praktis sebagai media pembelajaran

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Komik Digital, Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:27
Last Modified: 06 Aug 2025 03:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16610

Actions (login required)

View Item View Item