Karakter Tokoh Utama Dalam Film Miracle In Cell No. 7 dan Pemanfaatannya Sebagai Modul Ajar Pada Kelas XI

Nurul Fadilah, (2025) Karakter Tokoh Utama Dalam Film Miracle In Cell No. 7 dan Pemanfaatannya Sebagai Modul Ajar Pada Kelas XI. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.

[img] Text
2108110011_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108110011_2_bab1.pdf

Download (848kB)
[img] Text
2108110011_6_bab5.pdf

Download (381kB)
[img] Text
2108110011_7_dafpus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan karakter Dodo Rozak dalam film Miracle in Cell No. 7, (2) untuk menghasilkan modul ajar bahasa Indonesia pada kelas XI yang bersumber dari analisis karakter Dodo Rozak pada film Miracle in Cell No. 7. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra menurut teori Psikoanalis Sigmund Freud (Id, Ego, dan Superego). Penelitian ini dilaksanakan di rumah peneliti yang terletak di Desa Keduanan. Data dalam penelitian ini berupa penggalan dialog dan tindakan Dodo Rozak selaku tokoh utama yang menunjukkan aspek psikologi sastra menurut teori Sigmund Freud yaitu, id, ego, dan superego. Sementara sumber data dalam penelitian ini adalah film Miracle in Cell No. 7 tahun 2022. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan studi pustaka. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa kartu data. Teknik analisis data dalam penelitian dilaksanakan melalui tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat 25 data yang menggambarkan karakter tokoh utama Dodo Rozak dalam film Miracle in Cell No. 7. Aspek Id pada diri Dodo teridentifikasi sebanyak 10 data, Ego sebanyak 5 data, dan Superego sebanyak 10 data. (2) pemanfaatan hasil penelitian sebagai modul ajar Bahasa Indonesia untuk kelas XI sangat relevan, khususnya dalam pembelajaran teks drama atau apresiasi karya sastra berbasis film. Film dapat dijadikan media untuk melatih kemampuan siswa dalam menganalisis karakter tokoh. Dengan pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan berbasis media film, siswa dapat lebih mudah memahami materi, terlibat aktif dalam proses pembelajaran, serta mengembangkan sikap empatik dan apresiatif terhadap karya sastra. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dalam mengembangkan modul ajar apresiasi drama yang menarik dan relevan. Siswa didorong untuk lebih aktif mengapresiasi karya sastra, termasuk film, dengan menganalisis nilai kehidupan dan karakter tokoh. Pembaca diharapkan dapat melanjutkan penelitian ini dengan mengkaji film edukatif lain atau mengembangkan modul ajar berbasis film secara lebih luas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Film, Karakter Tokoh, Modul Ajar, Psikologi Sastra.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 06 Aug 2025 04:06
Last Modified: 06 Aug 2025 04:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16617

Actions (login required)

View Item View Item