Ayi Lidiawati, (2025) Semantik, proses penamaan makanan khas, pemanfaatan modul ajar. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108110025_1_cover.pdf Download (838kB) |
![]() |
Text
2108110025_2_bab1.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
2108110025_6_bab5.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
2108110025_7_dafpus.pdf Download (403kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh utama dalam novel Mencari Jejak Caraka karya I’ir Hikma dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra Sigmund Freud, serta memanfaatkannya sebagai bahan ajar dalam bentuk modul pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Fokus penelitian diarahkan pada tiga struktur kepribadian, yaitu id, ego, dan superego, untuk mengungkap dinamika batin tokoh utama dalam membentuk perilaku dan kepribadiannya. Selain itu, hasil kajian ini diintegrasikan ke dalam modul ajar untuk mendukung penguatan pembelajaran sastra berbasis Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan objek kajian novel Mencari Jejak Caraka karya I’ir Hikma. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi dan studi pustaka, dengan menggunakan kartu data sebagai instrumen penelitian. Sumber data utama berasal dari isi novel berupa kutipan atau dialog. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Untuk menjamin keabsahan data, digunakan teknik triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama dalam novel tersebut memperlihatkan struktur kepribadian yang kompleks, terdiri atas 21 data id, 14 ego, dan 18 superego. Analisis ini mengindikasikan adanya konflik batin yang kuat dalam diri tokoh utama, yang tercermin dalam tindakan, pikiran, dan dialognya sepanjang cerita. Simpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa pendekatan psikologi sastra efektif untuk mengkaji dinamika kepribadian tokoh fiksi. Sebagai tindak lanjut, hasil penelitian ini dimanfaatkan dalam pengembangan modul ajar sastra yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap unsur intrinsik dan ekstrinsik karya sastra. Disarankan agar guru dapat mengadaptasi pendekatan ini dalam pembelajaran agar siswa lebih reflektif dan kritis dalam membaca karya sastra.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | struktur kepribadian, konflik batin, novel, psikologi sastra. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:48 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 06:48 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16626 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |