Choeriah Pramadanti, (2025) Keefektifan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan di MTs Salafiyah Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108110027_1_cover.pdf Download (785kB) |
![]() |
Text
2108110027_2_bab1.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
2108110027_6_bab5.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
2108110027_7_dafpus.pdf Download (317kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap keterampilan menulis teks ulasan peserta didik kelas VIII MTs Salafiyah Kota Cirebon secara signifikan. Studi ini menerapkan pendekatan quasi-eksperimental dengan kategori penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini berfokus pada peserta didik kelas VIII di MTs Salafiyah Kota Cirebon. Penelitian ini melibatkan 36 peserta didik yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah pretest/posttest untuk mengukur keterampilan menulis teks ulasan peserta didik berdasarkan lima struktur teks ulasan, yaitu: 1) identitas karya; 2) orientasi; 3) sinopsis atau tafsiran; 4) evaluasi; dan 5) rangkuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh variabel x (media audio visual) terhadap variabel y (keterampilan menulis teks ulasan) secara signifikan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Mann-Whitney U untuk mengevaluasi adanya perbedaan signifikan secara statistik dalam skor pasca-tes antara kelompok eksperimen dan kontrol. Uji Mann-Whitney U diterapkan untuk menganalisis perbedaan signifikan antara skor rata-rata kedua kelompok, yang mencerminkan dampak dari penggunaan media audio visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pascates untuk kelompok eksperimen mencapai 80,0, sementara nilai rata-rata pasca-tes untuk kelompok kontrol berada di angka 60,714. Hal ini mengindikasikan adanya perbedaan yang jelas dalam nilai rata-rata pascates antara kedua kelas. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai Asymp sig. (2-tailed) tercatat sebesar 0,000, yang berada di bawah tingkat signifikansi yang telah ditetapkan, yaitu 0,05. Dengan kata lain, p < α; (0,001 < 0,05). Hal ini mengindikasikan penerimaan hipotesis alternatif (Ha) dan penolakan hipotesis nol (Ho). Kesimpulan menunjukkan bahwa penerapan media audio visual memiliki dampak yang signifikan terhadap pengembangan keterampilan menulis teks ulasan di kalangan peserta didik kelas VIII MTs Salafiyah Kota Cirebon untuk tahun akademik 2024/2025. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat berfungsi sebagai alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis, Media Audio Visual, Teks Ulasan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:54 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 06:54 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16627 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |