Keefektifan Game Story Cubes pada Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX MTs An-Nur Kota Cirebon Tahun Ajaran 2024/2025

Kharisma Khoirunnisa, (2025) Keefektifan Game Story Cubes pada Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX MTs An-Nur Kota Cirebon Tahun Ajaran 2024/2025. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.

[img] Text
2108110030_1_cover.pdf

Download (832kB)
[img] Text
2108110030_2_bab1.pdf

Download (261kB)
[img] Text
2108110030_6_bab5.pdf

Download (231kB)
[img] Text
2108110030_7_dafpus.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketertarikan siswa dalam pembelajaran menulis, serta siswa mengalami kesulitan dalam merencanakan ide untuk dikembangkan menjadi cerita pendek. Tujuan penelitian, yaitu untuk mendeskripsikan keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas IX, untuk mendeskripsikan penerapan Game Story Cubes, dan untuk mendeskripsikan keefektifan Game Story Cubes pada keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IX MTs an-nur kota Cirebon tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain Quasi Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs An-nur Kota Cirebon dengan jumlah 113. Dari populasi tersebut terpilihlah sampel kelas IX B berjumlah 29 dan kelas IX C berjumlah 29. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal dan lembar observasi. Uji validitas menggunakan pengujian validitas konstruk, dan uji reliabilitas menggunakan inter-rater. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan menulis cerita pendek siswa mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan menggunakan Game Story Cubes. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata pretest sebesar 75,68 menjadi 87,75 pada posttest. Selain itu, hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Game Story Cubes efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IX C MTs An-Nur Kota Cirebon Tahun Ajaran 2024/2025.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Game Story Cubes, Keterampilan Menulis, Cerita Pendek.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:10
Last Modified: 06 Aug 2025 07:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16631

Actions (login required)

View Item View Item