Pengaruh Salindia Interaktif terhadap Pemahaman tentang Majas pada Materi Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP Boarding School Al-Huda

Desi Nurfathiyyah, (2025) Pengaruh Salindia Interaktif terhadap Pemahaman tentang Majas pada Materi Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP Boarding School Al-Huda. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.

[img] Text
2108110035_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108110035_2_bab1.pdf

Download (120kB)
[img] Text
2108110035_6_bab5.pdf

Download (105kB)
[img] Text
2108110035_7_dafpus.pdf

Download (264kB)

Abstract

Kendala utama dalam memahami majas adalah kurangnya pemahaman siswa tentang fungsi dan bentuk majas itu sendiri. Majas yang digunakan dalam puisi sering kali bersifat abstrak dan simbolik, sehingga membutuhkan pendekatan yang tepat dalam proses pembelajarannya penggunaan metode pembelajaran menggunakan metode ceramah yang kurang efektif karena metode ceramah suatu proses pembelajaran didominasi oleh guru sementara peserta didik pasif dan cenderung menghafalkan semua sifat materi pelajaran sebagai fakta dan materi pelajaran hanya mampu diingat sementara. Metode penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif dengan design One Group Pre-test dan Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Boarding School Al-Huda Penelitian ini menggunakan sampling jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulannya menggunakan tes dan observasi. instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda serta pedoman observasi. Uji soal menggunakan validasi konstruk Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik terhadap materi majas berada pada kategori baik. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai posttest sebesar 64,76 dari 21 siswa yang mengikuti tes, dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 40. Capaian ini mencerminkan bahwa sebagian besar siswa mampu memahami materi majas yang telah disampaikan, terutama dalam mengidentifikasi dan menggunakan berbagai jenis majas. Penerapan salindia interaktif pada pembelajaran majas dalam teks puisi di kelas VIII SMP Boarding School Al-Huda siswa terlihat lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Setiap salindia didesain agar tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga memuat elemen interaktif seperti pertanyaan reflektif berupa kuis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Majas, Salindia Interaktif.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:20
Last Modified: 06 Aug 2025 07:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16634

Actions (login required)

View Item View Item