Zaidah Fadilah Az-Zahro, (2025) Keefektifan Media Mind Mapping pada Keterampilan Menulis Teks Pidato Siswa Kelas VIII MTsN 1 Indramayu. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Bachelor thesis, S1 - Tadris Bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108110075_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2108110075_2_bab1.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text
2108110075_6_bab5.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
2108110075_7_dafpus.pdf Download (473kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui keterampilan siswa kelas VIII MTSN 1 Indramayu dalam menulis teks pidato, (2) mengetahui implementasi Media mind mapping pada siswa kelas VIII MTSN 1 Indramayu., (3) mendeskripsikan keefektifan Media mind mapping pada keterampilan menulis teks pidato siswa kelas VIII MTSN 1 Indramayu. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua, yaitu variabel bebas berupa media mind mappingdan variabel terikat berupa keterampilan menulis teks pidato. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Indramayu. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling purposif. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis teks pidato dan observasi. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa varian data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikasi 5%. Penerapan media mind Mapping dalam pembelajaran menulis teks pidato lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menulis teks pidato tanpa menggunakan media mind mapping. Keefektifan media mind mapping terhadap keterampilan menulis teks pidato dengan hasil uji-t sampelberpasangan. Pada uji-t nilai pretest dan posttest kelas eksperimen mengahsilkan thitung, sebesar -13,535 > dari ttabel -1,323sebesar. Nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,00< dari 0,05. Maka Ha dalam penelitian ini dinyatakan diterima. Artinya, Penggunaan media mind mappingefektif pada keterampilan menulis teks pidato siswa kelas VIII MTsN 1 Indramayu. Penelitian ini dapat disarankan sebagai media inovatif yang dapat digunakan oleh guru dan sebagai cara belajar yang efektif bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis Teks Pidato, Media Mind Mapping, Pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:05 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:05 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16677 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |