Faizah Firasyan, (2025) Pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran cpa (concrete pictorial abstract) terhadap kemampuan Pemecahan masalah matematis siswa. Bachelor thesis, S1 - Tadris Matematika UIN SSC.
![]() |
Text
2108105014_1_cover.pdf Download (628kB) |
![]() |
Text
2108105014_2_bab1.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
2108105014_6_bab5.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
2108105014_7_dafpus.pdf Download (189kB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kompetensi penting yang perlu dimiliki siswa dalam menghadapi tantangan pembelajaran abad 21. Namun, kenyataannya kemampuan ini masih tergolong rendah di kalangan siswa, baik berdasarkan hasil asesmen internasional maupun penelitian lokal. Masalah ini mendorong perlunya pendekatan pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif siswa. Salah satu pendekatan pembelajaran yang diyakini mampu menjawab tantangan tersebut adalah pendekatan pembelajaran CPA (Concrete Pictorial Abstract), yang menekankan pembelajaran bertahap dari konkret ke representasi gambar hingga abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) respon siswa terhadap penerapan pendekatan pembelajaran CPA, (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah penerapan pendekatan pembelajaran CPA, (3) pengaruh setelah penerapan pendekatan pembelajaran CPA terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental berbentuk post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumber tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 439 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas X-10 dengan jumlah siswa 36 dan X-12 dengan jumlah siswa 35, yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes berupa soal uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Respon siswa terhadap penerapan pendekatan pembelajaran CPA tergolong sangat positif, dengan rata-rata persentase angket sebesar 86,34%. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah penerapan pendekatan pembelajaran CPA berada pada kriteria baik sekali, dengan rata-rata nilai post-test sebesar 90,11. (3) Penerapan pendekatan pembelajaran CPA berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Pembelajaran, Concrete Pictorial Abstract, Pemecahan Masalah, Matematika. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:21 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:36 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16682 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |