Istiana, (2025) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa. Bachelor thesis, S1 - Tadris Matematika UIN SSC.
![]() |
Text
2108105019_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108105019_2_bab1.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
2108105019_6_bab5.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
2108105019_7_dafpus.pdf Download (298kB) |
Abstract
matematis dan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan tingkat kepercayaan diri mereka, (2) mengetahui pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan tingkat kepercayaan diri mereka, (3) menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis dan pemahaman konsep matematis ditinjua dari kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain convergent. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X dan XI dengan jumlah 70 siswa di SMA Muhammadiyah Kedawung Kabupaten Cirebon tahun pelajaran 2024/2025. Sampel penelitian yang diambil adalah 40 siswa dari 2 kelas yang ada di kelas X, dengan 20 siswa kelas X A dan 20 siswa kelas X B. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal uraian, angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif yang berupa uji korelasi diperkuat dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini: (1) membuktikan adanya hubungan positif dan signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan tingkat kepercayaan diri mereka. Siswa dengan kepercayaan diri tinggi menunjukkan kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik, ditandai dengan proaktivitas dalam mencari solusi dan ketekunan dalam menghadapi tantangan, (2) menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan tingkat kepercayaan diri. Siswa dengan kepercayaan diri tinggi memiliki pemahaman konsep yang lebih baik dan lebih percaya diri dalam menjelaskan konsep kepada orang lain, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis, pemahaman konsep matematis, dan kepercayaan diri siswa. Ketiga variabel saling berkaitan erat, di mana peningkatan salah satu variabel berdampak positif pada dua variabel lainnya. Penguasaan konsep merupakan dasar pemecahan masalah, dan kepercayaan diri menjadi landasan untuk menjalankan kedua kemampuan tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Pemecahan Masalah, Pemahaman Konsep, dan Kepercayaan Diri. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:26 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:35 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |