Pengembangan instrumen asesmen pembelajaran Matematika berbasis socrative

INAYAH WIDYAWATI, (2025) Pengembangan instrumen asesmen pembelajaran Matematika berbasis socrative. Bachelor thesis, S1 - Tadris Matematika UIN SSC.

[img] Text
2108105039_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108105039_2_bab1.pdf

Download (254kB)
[img] Text
2108105039_6_bab5.pdf

Download (233kB)
[img] Text
2108105039_7_dafpus.pdf

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pemanfaatan teknologi dalam asesmen pembelajaran serta belum terjamahnya potensi penuh platform Socrative oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen asesmen pembelajaran matematika berbasis Socrative pada materi barisan dan deret kelas X SMA/MA serta mengetahui kelayakan dan kepraktisannya. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi dua model pengembangan, yaitu model dari Djemari Mardapi dan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) dari Thiagarajan. Instrumen dikembangkan dalam bentuk soal pilihan ganda dengan tingkat kognitif C2 hingga C4 yang diunggah ke platform Socrative menggunakan fitur-fitur seperti instant feedback, teacher-paced, dan open navigation. Hasil validasi ahli menunjukkan kelayakan isi dan perwajahan sebesar 90,5% dan validasi media sebesar 96% yang keduanya masuk kategori sangat layak. Uji validitas butir menunjukkan bahwa soal memenuhi kriteria dari segi tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh, serta memiliki reliabilitas tinggi. Respon siswa terhadap asesmen ini menunjukkan nilai kepraktisan sebesar 85%, yang tergolong sangat baik, dan siswa merasa lebih terbantu memahami materi barisan dan deret. Penelitian ini dibatasi pada satu materi dan satu platform saja. Namun demikian, hasilnya menunjukkan bahwa instrumen asesmen berbasis Socrative ini layak dan praktis. Penelitian ini menawarkan nilai orisinal dalam mengintegrasikan asesmen sumatif ke dalam sistem berbasis teknologi yang interaktif dan efisien.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Instrumen Asesmen, Socrative, R&D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:32
Last Modified: 07 Aug 2025 02:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16690

Actions (login required)

View Item View Item