Heni Suryani, (2025) Eksplorasi Program Madrasah Ramah Anak dalam Meningkatkan Prestasi Akademik pada Siswa Kelas 9 di MTs Ma’had Al Zaytun Indramayu. Masters thesis, UIN Siber Syekh Nurjati.
![]() |
Text
2. BAB I.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf Download (975kB) |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (410kB) |
Abstract
Program Madrasah Ramah Anak (MRA) merupakan inisiatif pendidikan yang bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan mendukung partisipasi aktif siswa. Namun, implementasi MRA di lapangan, termasuk di MTs Ma’had Al Zaytun, belum sepenuhnya sejalan dengan konsep teoritisnya. Masih ditemukan berbagai kekurangan dalam aspek kebijakan, fasilitas, serta keterlibatan warga madrasah yang memengaruhi efektivitas program. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan MRA yang diterapkan, menilai kontribusinya terhadap peningkatan prestasi akademik siswa kelas 9, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya.Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana kebijakan program Madrasah Ramah Anak diterapkan di MTs Ma’had Al Zaytun? (2) Bagaimana kontribusi program tersebut terhadap peningkatan prestasi akademik siswa kelas 9? dan (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program MRA di madrasah tersebut? Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara tematik dan holistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Madrasah Ramah Anak di MTs Ma’had Al Zaytun telah diterapkan secara menyeluruh dengan mengintegrasikan prinsip perlindungan dan pemenuhan hak anak ke dalam seluruh aspek pendidikan. Kebijakan ini diwujudkan melalui lingkungan belajar yang aman, bebas kekerasan, serta didukung oleh kurikulum inklusif, pelatihan guru, dan tata kelola yang partisipatif. Penerapan program Madrasah Ramah Anak di MTs Ma’had Al Zaytun memberikan dampak positif terhadap peningkatan prestasi akademik siswa. Lingkungan belajar yang aman, pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, serta hubungan guru-siswa yang humanis, menciptakan suasana belajar yang kondusif. Fasilitas madrasah yang memadai, dukungan orang tua, dan kebijakan sekolah yang berpihak pada siswa menjadi faktor pendukung utama. Adapun hambatan yang dihadapi, seperti perbedaan kemampuan siswa dan tantangan manajemen waktu, diatasi melalui strategi kolaboratif dan pendekatan yang integratif antara guru, wali kelas, BK, dan orang tua. Kata Kunci: Madrasah Ramah Anak, Prestasi Akademik, Pendidikan H
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Madrasah Ramah Anak, Prestasi Akademik, Pendidikan H |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:44 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:44 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16696 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |