Nur Halimah, (2025) Psikologi Tokoh Utama dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila Salikha Chudori dan Pemanfaatannya sebagai Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas XII Materi Novel. Bachelor thesis, S1 - Tadris Bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108110093_1_cover.pdf Download (769kB) |
![]() |
Text
2108110093_2_bab1.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
2108110093_6_bab5.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
2108110093_7_dafpus.pdf Download (180kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman terhadap kondisi psikologis tokoh dalam karya sastra, khususnya tokoh utama dalam novel Laut Bercerita karya Leila Salikha Chudori, yang sarat dengan konflik batin dan dinamika kejiwaan. Tokoh Biru Laut yang mengalami tekanan psikis karena latar peristiwa sosial-politik masa Orde Baru, menjadi objek kajian menarik dalam pendekatan psikologi sastra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh utama berdasarkan teori psikoanalisis Sigmund Freud, yang mencakup id, ego, dan superego, serta menggambarkan pemanfaatannya dalam pengembangan Modul Ajar Bahasa Indonesia kelas XII materi novel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Desain penelitian mengacu pada teori psikoanalisis Sigmund Freud dengan fokus pada tiga struktur kepribadian: id, ego, dan superego. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik studi kepustakaan serta teknik simak dan catat, peneliti membaca dan mencatat data-data psikologis yang muncul dalam perilaku tokoh utama, kemudian mengklasifikasikannya sesuai aspek id, ego, dan superego. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis isi untuk mengungkap struktur kepribadian tokoh utama dalam novel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 53 data struktur kepribadian dalam tokoh utama novel Laut Bercerita. Kepribadian id ditemukan sebanyak 15 data yang terdiri dari aspek 5 naluri kehidupan, 5 naluri kematian, dan 5 kecemasan. Kepribadian ego ditemukan sebanyak 16 data dengan aspek seperti 1 represi, 1 sublimasi, 2 pengalihan, 4 rasionalisasi, 2 reaksi formasi, 1 regresi, 3 agresi, 1 apatis, dan 1 fantasi. Adapun kepribadian superego ditemukan dalam 22 data yang terdiri dari aspek 3 rasa bersalah, 1 menghukum diri sendiri, 2 rasa malu, 1 kesedihan, dan 15 cinta. Hasil penelitian ini dimanfaatkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui pengembangan bahan ajar berupa Modul Ajar Bahasa Indonesia kelas XII Fase F, yang disusun berdasarkan Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepribadian Tokoh, Laut Bercerita, Modul Ajar, Psikologi Sastra. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:47 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:47 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16703 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |