Agil Yahya, (2025) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Religius Dan Disiplin Siswa Sman 1 Juntinyuat Indramay. Masters thesis, UIN Siber Syekh Nurjati.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. BAB I.pdf Download (794kB) |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Download (785kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (786kB) |
Abstract
Menurunnya partisipasi siswa dalam kegiatan keagamaan di SMAN 1 Juntinyuat Indramayu, disertai dengan meningkatnya perilaku indisipliner seperti keterlambatan, pelanggaran tata tertib, dan absen dalam shalat berjamaah, menjadi perhatian serius dalam dunia pendidikan. Situasi ini mengindikasikan adanya tantangan dalam pencapaian tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), terutama dalam membentuk karakter religius dan kedisiplinan siswa. Selain itu, pengaruh budaya digital semakin mempersulit proses internalisasi nilai-nilai keislaman di kalangan pelajar. Maka, penelitian ini hendak menelaah proses pembelajaran PAI di SMAN 1 Juntinyuat Indramayu dan mengkaji bagaimana peran pembelajaran tersebut dalam membentuk karakter religius sekaligus meningkatkan kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran PAI dilaksanakan secara terstruktur melalui metode keteladanan, pembiasaan ibadah, serta praktik langsung dalam aktivitas keagamaan siswa. Dalam pelaksanaannya, guru PAI memegang peran sentral sebagai pembimbing dan teladan, yang mampu menanamkan nilai-nilai religius secara konsisten. Pembelajaran ini juga berkontribusi nyata dalam membangun karakter religius siswa, yang tercermin dari peningkatan kualitas ibadah, sikap spiritual, dan penghormatan terhadap norma agama. Di sisi lain, pembelajaran PAI turut memperkuat kedisiplinan siswa, melalui penanaman nilai tanggung jawab, kepatuhan terhadap tata tertib, serta peningkatan keterlibatan dalam kegiatan sekolah berbasis nilai-nilai Islam. Secara keseluruhan, pembelajaran PAI di sekolah ini terbukti efektif dalam membentuk karakter siswa secara holistik, baik dalam aspek religiusitas maupun kedisiplinan.Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, karakter religius, kedisiplinan, keteladanan, pembelajaran kontekstual
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam, karakter religius, kedisiplinan, keteladanan, pembelajaran kontekstual |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:01 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 03:01 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16708 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |