Syarifah a. bastiati, (2025) Tindak Tutur Direktif dalam Novel 100 Hari Melihat Diri Karya Mprop Picioez Al-Jingini dan Pemanfaatannya sebagai Modul Ajar di SMA/MAN Kelas XII. Bachelor thesis, S1 - Tadris Bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108110098_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2108110098_2_bab1.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text
2108110098_6_bab5.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
2108110098_7_dafpus.pdf Download (293kB) |
Abstract
Bahasa tidak hanya menjadi alat komunikasi, tetapi juga sarana penyampaian maksud dan tujuan penutur secara efektif. Salah satu bentuknya adalah tindak tutur direktif yang mencakup perintah, permintaan, larangan, dan lainnya, yang umum ditemukan dalam dialog tokoh dalam novel. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami maksud dari tindak tutur ini karena kurangnya pemahaman terhadap konteks pragmatik dalam teks sastra. Akibatnya, pesan dan nilai yang terkandung dalam karya sastra sulit mereka pahami secara mendalam. Jadi penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur direktif dalam novel 100 Hari Melihat Diri Karya Mprop Picoez Al-Jingini dan menjelaskan pemanfaatannya sebagai modul ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA/MAN kelas XII Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik dengan teori tindak tutur dari Searle dan Austin, dan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membaca, menandai, dan mencatat data tuturan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel ini mengandung berbagai bentuk tindak tutur direktif seperti permohonan, pertanyaan, perintah, larangan, nasihat, dan pemberian izin yang sangat kontekstual dan mudah dipahami siswa. Hasil penelitian ini ditemukan sebanyak 40 data tindak tutur direktif dalam novel 100 Hari Melihat Diri Karya Mprop Picoez Al-Jingini. Tindak tutur direktif jenis permohonan sebanyak 7 data, tindak tutur direktif jenis pertanyaan sebanyak 9 data, tindak turur direktif jenis perintah sebanyak 10 data, tindak tutur direktif jenis larangan sebanyak 7 data, tindak tutur direktif jenis nasihat sebanyak 5 data, dan tindak tutur direktif jenis pemberi izin sebanyak 2 data. Selain itu pemanfaatan novel ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam memahami tindak tutur direktif secara kontekstual dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul ajar, novel, pragmatik, tindak tutur direktif. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:08 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 03:08 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16713 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |