Ghina Lulu Maknunah, (2025) Keefektifan Penggunaan Media Articulate Storyline pada Keterampilan Menulis Teks Surat Pribadi Siswa Kelas VII di SMPN 14 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Tadris Bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108110101_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108110101_2_bab1.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
2108110101_6_bab5.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
2108110101_7_dafpus.pdf Download (241kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keterampilan menulis teks surat pribadi siswa kelas VII di SMPN 14 Kota Cirebon, (2) mengamati penerapan media Articulate Storyline pada siswa kelas VII di SMPN 14 Kota Cirebon, (3) mengetahui keefektifan media Articulate Storyline pada keterampilan menulis teks surat pribadi siswa kelas VII di SMPN 14 Kota Cirebon. Penelitian ini menguji efektivitas media Articulate Storyline dalam meningkatkan keterampilan menulis teks surat pribadi siswa kelas VII SMPN 14 Kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental. Melibatkan 60 siswa yaitu 31 siswa kelas eksperimen dan 29 siswa kelas kontrol. Kelompok eksperimen yang menggunakan media Articulate Storyline dan kelompok kontrol menggunakan media infografik. Data dikumpulkan melalui Pretest dan Posttest menulis teks surat pribadi, serta observasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis teks surat pribadi pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Karena kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa penggunaan media Articulate Storyline pada saat Posttest. Kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan dengan rata-rata nilai Pretest 78,7 menjadi 81,4 setelah perlakuan, sementara kelas kontrol yang menggunakan media infografik hanya mencapai 77,2 dan kelas kontrol tidak mengalami perubahan yang signifikan. Uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov mengonfirmasi data berdistribusi normal dengan nilai sig sebesar 0.138 > 0,05. Uji homogenitas menggunakan Levene Test menghasilkan nilai sig sebesar 0.191> 0,05 sehingga data bersifat homogen. Uji T menunjukkan nilai thitung sebesar -3,978 lebih besar dari t tabel sebesar 1.697 dengan nilai signifikansi 0,000< 0,05 maka Ha diterima, yang menunjukkan bahwa penggunaan media Articulate Storyline efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif, serta dapat diimplementasikan oleh guru dalam proses pengajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam mengajarkan keterampilan menulis teks surat pribadi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Articulate Storyline, Keterampilan Menulis, Teks Surat Pribadi. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:16 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 03:16 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |