PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) SISWA KELAS X SMA KARTIKA XIX-5 PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA

MELIYANA, (2025) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) SISWA KELAS X SMA KARTIKA XIX-5 PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
1808106135_1_cover.pdf

Download (543kB)
[img] Text
1808106135_2_bab1.pdf

Download (276kB)
[img] Text
1808106135_6_bab5.pdf

Download (185kB)
[img] Text
1808106135_7_dafpus.pdf

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan praktikum berbasis Argument-Driven Inquiry (ADI) pada materi pencemaran lingkungan guna meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa kelas X SMA Kartika XIX-5. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap Analysis mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran, Design merancang struktur panduan, Development menghasilkan produk awal, Implementation menguji coba panduan, dan Evaluation menilai keefektifannya. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, angket respons guru dan siswa, serta tes kemampuan argumentasi. Hasil validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa panduan praktikum memenuhi kriteria valid dan layak dengan nilai rata-rata validitas >80%. Uji coba pada siswa menunjukkan peningkatan kemampuan argumentasi dengan skor N-Gain 0,76 (kategori sedang). Respons siswa terhadap panduan juga positif, dengan persentase kelayakan mencapai 82,1%. Simpulan penelitian ini adalah panduan praktikum berbasis ADI yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan argumentasi siswa dan dapat dijadikan sebagai bahan ajar inovatif dalam pembelajaran Biologi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Panduan Praktikum, Argument-Driven inquiry, pencemaran lingkungan, kemampuan argumentasi, model ADDIE
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 03:46
Last Modified: 07 Aug 2025 03:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16737

Actions (login required)

View Item View Item