Nila Rosita, (2025) Kesalahan Ejaan dan Morfologi pada Esai yang Ditulis Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Pangenan serta Pemanfaatannya sebagai Modul Ajar. Bachelor thesis, S1 - Tadris Bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108110050_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108110050_2_bab1.pdf Download (463kB) |
![]() |
Text
2108110050_6_bab5.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
2108110050_7_dafpus.pdf Download (461kB) |
Abstract
Bahasa sebagai studi ilmu yang ada dalam kehidupan, karena bahasa diperlukan dalam semua pengetahuan. Namun, dalam penggunaan bahasa tulis masih banyak terjadi kesalahan. Kesalahan yang utama yakni pada bagian ejaan dan morfologi. Ejaan dan morfologi sebagai landasan atau pokok dalam bahasa tulis karena dengan ejaan dan morfologi ini dapat dimengerti serta dipahami oleh pembaca yang sesuai dengan penulisan kaidah bahasa yang berlaku. Dengan digunakannya ejaan dan morfologi yang sesuai dengan tata bahasa atau sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) maka meminimalisir adanya penafsiran yang kurang jelas bagi pembaca. Nyatanya masih banyak siswa yang kurang memahami dan memperhatikan dalam penggunaan kaidah bahasa, khususnya dalam penulisan esai yang masih banyak ditemukan bentuk kesalahan ejaan dan morfologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan menganalisis bentuk-bentuk kesalahan ejaan dan morfologi pada esai yang ditulis siswa kelas IX E SMP Negeri 2 Pangenan. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk pemanfaatan hasil analisis kesalahan tersebut sebagai modul ajar pembelajaran bahasa Indonesia dalam materi esai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif dengan desain penelitian yakni analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik observasi, teknik dokumentasi, teknik simak dengan teknik lanjutan yakni simak bebas libat cakap, teknik catat. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kartu data serta dalam menganalisisnya menggunakan metode agih dengan teknik dasar, teknik bagi unsur langsung yang dilanjutkan dengan teknik lanjutan yaitu teknik teknik lesap, teknik ganti, teknik perluas, teknik sisip, dan teknik baca markah dalam objek sasaran penelitian. Berdasarkan hasil analisis pada esai yang ditulis siswa kelas IX E SMP Negeri 2 Pangenan, ditemukan bentuk kesalahan ejaan yang meliputi kesalahan penggunaan huruf kapital, kesalahan huruf miring, kesalahan huruf angka dan bilangan, kesalahan penggunaan tanda baca titik, kesalahan tanda baca koma, kesalahan tanda hubung, dan kesalahan tanda kurung. Sementara itu, ditemukan bentuk kesalahan morfologi yang meliputi kesalahan prefiks, kesalahan sufiks, kesalahan konfiks, kesalahan kombinasi afiks, kesalahan reduplikasi, dan kesalahan komposisi. Modul ajar dapat menjadi bahan alternatif media pembelajaran khususnya dalam penulisan esai. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sebagaimana pada bahasa tulis serta sebagai acuan dalam pengembangan bahan ajar yang lebih relevan dan kontekstual dalam peningkatan kemampuan berbahasa siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan Ejaan, Morfologi, Esai, Modul Ajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:53 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 03:53 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |