Strategi Usaha Produk Air Kesehatan Sondari Dalam Menumbuhkan Ekonomi Masyarakat di Desa Purwasari Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi

MUHAMMAD FAUZAN ALGHIFARI, (2025) Strategi Usaha Produk Air Kesehatan Sondari Dalam Menumbuhkan Ekonomi Masyarakat di Desa Purwasari Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial UIN SSC.

[img] Text
2108104041_1_cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2108104041_2_bab1.pdf

Download (107kB)
[img] Text
2108104041_6_bab5.pdf

Download (31kB)
[img] Text
2108104041_7_dafpus.pdf

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi dalam dunia usaha yang akan selalu mendorong pelaku usaha memiliki strategi usaha yang baik, termasuk dalam sektor usaha produk herbal yang kini semakin berkembang di masyarakat, salah satunya produk air kesehatan sondari yang diproduksi oleh CV. Berkah Teguh Meratani yang berada di Kabupaten Sukabumi, produk ini berbahan dasar cacing tanah dan ramuan beberapa tanaman herbal, yang menjadi salah satu produk unggulan di wilayah Kabupaten Sukabumi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh CV. Berkah Teguh Meratani dalam memasarkan produk air kesehatan sondari, mengidentifikasi hambatan dan tantangan yang dihadapi, serta menggali hasil dari penerapan strategi pada pendapatan di masyarakat sekitar. Strategi pemasaran produk dalam dunia usaha merupakan salah satu yang harus disiapkan dengan matang, yang mana ini melibatkan strategi penetapan harga, strategi komunikasi guna menjaga citra produk, kepenggunaan strategi pemasaran konvensional dan modern, dengan memperhatikan juga aspek legalitas, kemasan, pelayanan kepada kosumen, menganalisis kekuatan dan kelemahan produk kompetitor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Pemilik usaha dan karyawan di CV. Berkah Teguh Meratani. Lalu observasi pada penelitian ini dilaksanakan pada kegiatan produksi sampai ke kegiatan pemasaran dan pengiriman produk air kesehatan sondari ini. Teknik analisis data yang digunakan merupakan model Miles dan Huberman yaitu; reduksi data, penyajian dana dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pemasaran yang diterapkan oleh CV. Berkah Teguh Meratani meliputi promosi dari mulut ke mulut, penggunaan media sosial secara terbatas, serta pendekatan yang dilakukan secara personal dengan para konsumen. 2) Hambatan utama yang dihadapi mencakup keterbatasan dalam penguasaan pemasaran digital, regulasi dan legalitas, serta hambatan mengenai proses pengiriman produk. 3) Strategi usaha produk air kesehatan Sondari, baik konvensional maupun digital, telah mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Usaha ini meningkatkan aktivitas usaha mikro di sekitar lokasi, membuka lapangan kerja, serta menciptakan ekosistem ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di Desa Purwasari.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran Produk, Pertumbuhan Ekonomi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:27
Last Modified: 07 Aug 2025 04:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16750

Actions (login required)

View Item View Item