PEMANFAATAN MEDIA BATIK MEGA MENDUNG DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS LINGKUNGAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 5 CIREBON

Ulfi Aenul Farikha, (2025) PEMANFAATAN MEDIA BATIK MEGA MENDUNG DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS LINGKUNGAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 5 CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial UIN SSC.

[img] Text
2108104046_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108104046_2_bab1.pdf

Download (296kB)
[img] Text
2108104046_6_bab5.pdf

Download (800kB)
[img] Text
2108104046_7_dafpus.pdf

Download (281kB)

Abstract

Media pembelajaran yang kurang menarik serta kurang relevan dengan kebutuhan peserta didik dan penggunaan metode pembelajaran yang konvensional memberikan dampak terhadap proses pembelajaran khususnya daya tarik peserta didik sehingga peserta didik kurang terlibat aktif dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan. Sehingga pentingnya menggunakan media pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan peserta didik salah satunya ialah pemanfaatan batik Mega Mendung sebagai media pembelajaran IPS berbasis Lingkungan sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media batik Mega Mendung dalam pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis Lingkungan Sosial, mengetahui respons yang diberikan oleh siswa dengan menggunakan media pembelajaran Batik Mega Mendung, serta faktor pendukung dari pemanfaatan Batik Mega Mendung dalam pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis lingkungan sosial pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 5 Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan teknik keabsahan data berupa triangulasi sumber, teknik dan waktu. Pemanfaatan Batik Mega Mendung dalam pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis Lingkungan Sosial pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 5 Cirebon merupakan pemanfaatan media pembelajaran guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru khususnya mengenai keberagaman budaya di masyarakat Indonesia. Hasil penelitian ini 1) Pemanfaatan Batik Mega Mendung dalam pembelajaran IPS sebagai media pembelajaran terbukti efektif dalam mengaitkan materi IPS dengan lingkungan sosial siswa. Media visual ini tidak hanya memperkaya proses belajar mengajar, tetapi juga memperkuat pemahaman siswa terhadap nilai-nilai budaya, sosial, dan ekonomi dalam konteks kehidupan nyata. 2) Respon siswa terhadap penggunaan media ini sangat positif, mereka merasakan pembelajaran menjadi lebih menarik, menyenangkan, tidak membosankan, serta memberikan pengalaman belajar yang baru dan relevan. Peningkatan minat dan antusiasme belajar siswa ditunjukkan melalui keterlibatan aktif mereka selama proses pembelajaran. 3) Faktor-faktor pendukung keberhasilan pemanfaatan media ini meliputi dukungan dari pihak sekolah melalui kebijakan dan dorongan integrasi budaya lokal, komitmen guru dalam mengembangkan metode pembelajaran inovatif, dukungan pedagogis guru IPS, keterlibatan aktif siswa serta dukungan eksternal dari orang tua dan kebijakan pemerintah daerah yang mendorong pelestarian budaya Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Media, Batik Mega Mendung, Lingkungan Sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:46
Last Modified: 07 Aug 2025 04:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16757

Actions (login required)

View Item View Item