Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Bioenterpreneurship Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Fungi

Ela Lailatul Habibah, (2025) Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Bioenterpreneurship Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Fungi. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
1908106171_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1908106171_2_bab1.pdf

Download (355kB)
[img] Text
1908106171_6_bab5.pdf

Download (285kB)
[img] Text
1908106171_7_dafpus.pdf

Download (283kB)

Abstract

Penilitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis aktivitas pembelajaran siswa, perbedaan peningkatan keterampilan berpikir siswa, dan respon siswa terhadap penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbasis Bioentrepreneurship terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi Fungi. Metode penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen (Quasi Experimental Design), dan desain penelitian ini berupa pretestposttest control group design. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain lembar observasi, tes, angket. dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah yang pertama melakukan uji instrumen tes yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, daya pembeda dan uji N-Gain. Yang kedua, uji statistik yang meliputi normalitas dan uji homogenitas. Yang ketiga, melakukan analisis pengolahan angket, lembar observasi dan analisis produk. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Aktivitas siswa dalam penerapan model Project Based Learning berbasis Bioentrepreneurship terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dari pertemuan pertama memperoleh skor 63,09% mengalami peningkatan menjadi 79,8% di pertemuan kedua. Penilaian produk yang paling tinggi yaitu kelompok 2 dengan produk Lumpia Jamur dan kelompok 3 dengan produk Jamur Katsu yang masing-masing memperoleh nilai 95. 2) Pada kelas eksperimen yang menunjukkan rata-rata N-Gain 0,70 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 0,56. Berdasarkan uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,050 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbasis Bioentrepreneurship terhadap berpikir kreatif siswa pada materi Fungi, serta terdapat peningkatan pada setiap indikator Keterampilan Berpikir Kreatif yaitu berupa fluency (berpikir lancar) dengan skor 79.6%, flexibility (berpikir luwes) dengan skor 77.6%, originality (berpikir asli) dengan skor 66% dan elaboration (berpikir rinci) dengan skor 72.5%. 3) Rekapitulasi nilai angket secara keseluruhan menunjukkan respon sangat baik yaitu 6%, respon baik yaitu 14% dan respon cukup yaitu 80%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Bioentrepreneurship, Keterampilan Berpikir Kreatif.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 06:34
Last Modified: 07 Aug 2025 06:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16760

Actions (login required)

View Item View Item