Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Etnosains Tradisi Jamasan Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa MANU Putra

LIYAH AMALIYAH, (2025) Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Etnosains Tradisi Jamasan Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa MANU Putra. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2008106004_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008106004_2_bab1.pdf

Download (466kB)
[img] Text
2008106004_6_bab5.pdf

Download (292kB)
[img] Text
2008106004_7_dafpus.pdf

Download (560kB)

Abstract

Masalah-masalah pembelajaran sains yaitu Kurangnya literasi sains yang menjadi salah satu penyebab dalam memahami pemahaman biologi. Literasi sains merupakan keterampilan yang penting bagi siswa agar lebih memahami alam dan lingkungan. Salah satu cara untuk melatih literasi sains siswa adalah melalui penerapan pembelajaran biologi berbasis etnosains. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas, respon dan untuk mengetahui perbedaan literasi sains antara kelas eksperimen dengan pembelajaran biologi berbasis etnosains dengan kelas kontrol yang tidak menerapkan pembelajaran biologi berbasis etnosains pada pokok bahasan Keanekaragaman hayati X di MANU Putra Buntet. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan penelitian pre-test post-test kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X MANU Putra dan sampel yang diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas X1 dan X5. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan aktivitas siswa dengan penerapan pembelajaran biologi berbasis etnosains menunjukan kriteria baik dengan rata rata 79%. Respon siswa terhadap penerapan pembelajaran biologi berbasis etnosains menunjukan respon yang positif, yaitu sebanyak 67% siswa memberikan respon kuat. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan literasi siswa pada kelas kontrol dan eksperirmen, nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,60 sedangkan nilai N-gain rata-rata kelas kontrol hanya sebesar 0,48. Uji hipotesis dilakukan dengan Uji statistik Mann-Whitney dengan nilai signifikansi 0,021 (p < 0,05) menunjukan terdapat perbedaan peningkatan literasi sains yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. pembelajaran ini membantu siswa memahami konsep keanekaragaman hayati melalui konteks budaya lokal, keterampilan literasi sains, serta kemampuan siswa dalam mengaitkan konsep ilmiah dengan budaya sehari-hari.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran biologi, tradisi jamasan, Etnosains, Literasi sains
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 06:37
Last Modified: 07 Aug 2025 06:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16762

Actions (login required)

View Item View Item