Peran Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Integrasi Nasional Siswa Di MTs Subulul Ikhsan Kersana

Muhammad Aufatur Rizqi, (2025) Peran Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Integrasi Nasional Siswa Di MTs Subulul Ikhsan Kersana. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial UIN SSC.

[img] Text
2108104104_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108104104_2_bab1.pdf

Download (313kB)
[img] Text
2108104104_6_bab5.pdf

Download (298kB)
[img] Text
2108104104_7_dafpus.pdf

Download (328kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masih terdapat siswa yang kurang memahami dan menghargai keberagaman budaya yang ada di sekitarnya. Kurangnya kesadaran tentang pentingnya sikap toleransi, menghargai perbedaan, dan bekerja sama dengan teman-teman dari latar belakang yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi peran pendidikan multikultural dalam membentuk karakter integrasi nasional siswa, mengetahui sejauh mana pendidikan multikultural mampu membentuk karakter integrasi nasional siswa dan mendeskripsikan tantangan yang dihadapi dalam implementasi pendidikan multikultural di sekolah. Kerangka pemikiran penelitian ini berawal dari teori perilaku terencana, kemudian teori ini bisa memberikan kerangka kerja yang berguna untuk memahami bagaimana pendidikan multikultural dapat mempengaruhi perilaku dan sikap siswa. Tiga faktor utama dari Teori Perilaku Terencana dapat diaplikasikan dalam pendidikan multikultural dalam membentuk karakter integrasi nasional adalah Sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dipersepsikan. Metode Penelitian yang digunakan adalah dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian ini dipilih secara Purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara terhadap guru dan siswa. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan multikultural memegang peranan penting dalam membentuk karakter integrasi nasional siswa seperti toleransi, kerja sama, empati, dan nasionalisme. Peran pendidikan multikultural tidak terlepas dari peran guru dalam pengimplementasiannya. Strategi pembentukan karakter integrasi nasional di MTs Subulul Ikhsan terintegrasi ke Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan lil ‘Alamin yang seusai dengan kurikulum merdeka. Tema-tema P5RA meliputi Bhinneka Tunggal Ika, Musyawarah dan Demokrasi, serta Sehat badanku, Bahagia Jiwaku. Setiap tema mengandung nilai-nilai karakter integrasi nasional yang diwujudkan dalam kegiatan-kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan lil ‘Alamin. Nilai-nilai karakter integrasi nasional yang dibentuk melalui pendidikan multikultural di MTs Subulul Ikhsan Kersana yaitu melalui kegiatan P5RA kurikulum merdeka adalah nilai toleransi, kerjasama, musyawarah, tanggung jawab, empati, dan nasionalisme. Nilai-nilai tersebut sudah terintegrasi ke dalam tema�tema kegiatan P5RA Bhinneka Tunggal Ika, Musyawarah dan Demokrasi, serta Sehat badanku, Bahagia jiwaku.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Multikultural, Integrasi Nasional, Keberagaman.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 06:41
Last Modified: 07 Aug 2025 06:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16763

Actions (login required)

View Item View Item