MOHAMMAD AJRI, (2025) PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 1 ASTANAJAPURA. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.
![]() |
Text
1808101185_1_cover.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
1808101185_2_bab1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
1808101185_6_bab5.pdf Download (592kB) |
![]() |
Text
1808101185_7_dafpus.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain masih banyak guru PAI yang masih menerapkan model pembelajaran konvensional dan penerapan media pembelajaran yang kurang menarik sehingga siswa mudah merasa jenuh dan cenderung tidak fokus dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi penggunaan media video pembelajaran dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 1 Astanajapura, menggambarkan minat belajar siswa setelah diterapkannya media video pembelajaran, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan video pembelajaran PAI guna meningkatkan minat belajar siswa di sekolah tersebut. Video pembelajaran merupakan media audio-visual yang digunakan untuk menyampaikan materi secara menarik dan mudah dipahami. Minat belajar adalah rasa suka dan ketertarikan siswa dalam mengikuti pelajaran. Dengan menggunakan video pembelajaran, diharapkan siswa lebih termotivasi, aktif, dan mudah memahami materi karena disajikan secara visual dan nyata. Metode penelitian yang digunakan oleh yaitu menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan mereduksi data, menyajikan data penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran dalam mata pelajaran PAI di SMAN 1 Astanajapura berdampak positif terhadap minat belajar siswa, sejalan dengan tujuan pembelajaran. Video membantu menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, interaktif, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Siswa menjadi lebih aktif dan semangat karena materi disajikan secara visual dan mudah dipahami. Namun, terdapat hambatan seperti kendala teknis, alat rusak, dan kondisi kelas yang panas saat siang hari yang membuat siswa mengantuk dan kurang fokus.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Minat Belajar, Pembelajaran PAI. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 07:01 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:03 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16770 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |