PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN POSTER DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN LITERASI VISUAL SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X

GINA NUR FITRIYANI, (2025) PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN POSTER DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN LITERASI VISUAL SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108106003_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108106003_2_bab1.pdf

Download (419kB)
[img] Text
2108106003_6_bab5.pdf

Download (388kB)
[img] Text
2108106003_7_dafpus.pdf

Download (376kB)

Abstract

Pendidikan di abad ke-21 menuntut inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan berpikir kreatif dan literasi visual siswa, namun rendahnya kedua keterampilan tersebut dalam pembelajaran Biologi memerlukan model pembelajaran dan media pembelajaran yang cocok untuk meningkatkannya. Salah satu media pembelajaran yang sesuai yaitu model Project Based Learning (PjBL) berbantuan poster digital. Penelitian ini difokuskan pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan poster digital pada materi perubahan lingkungan; (2) Berpikir kreatif melalui model Project Based Learning (PjBL) berbantuan poster digital pada materi Perubahan Lingkungan; (3) Literasi visual siswa pada penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan poster digital pada materi Perubahan Lingkungan; dan (4) Perbedaan antara kelas yang ditetapkan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan poster dengan kelas yang tidak diterapkan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan poster digital. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Majalengka. Metode penelitian ini kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Hasil Uji-t independen menunjukkan bahwa model PjBL berbantuan poster digital secara signifikan meningkatkan berpikir kreatif siswa (asym sig. 0,00), sementara uji literasi visual (asym sig. 0,001) mengonfirmasi peningkatan signifikan dalam literasi visual. Selain itu, berdasarkan hasil uji Mann-Whitney, diperoleh nilai U sebesar 214,500 dan nilai signifikansi Asymp. Sig. (2-tailed) < 0,001. Berdasarkan hal tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan literasi visual siswa sertaterdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara kelas eksperimen yang menerapkan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan poster digital dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model tersebut.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Poster Digital, Berpikir kreatif, Literasi Visual
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 07:17
Last Modified: 07 Aug 2025 07:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16779

Actions (login required)

View Item View Item