Muhammad Hilmi Al-Kautsar, (2024) Analisis Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 3 Leuwimunding. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.
![]() |
Text
1908101032_1_cover.pdf Download (415kB) |
![]() |
Text
1908101032_2_bab1.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
1908101032_6_bab5.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text
1908101032_7_dafpus.pdf Download (115kB) |
Abstract
Media audio visual merupakan salah satu media pembelajaran yang sering digunakan di SMPN 3 Leuwimunding, tekhusus dalam materi PAI dan Budi Pekerti. Media audio visual sudah diterapkan dengan rapih dan disiplin pada kelas VII, VIII, dan juga kelas IX, namun dalam penerapannya masih terjadi hal-hal yang bisa menghambat jalannya media audio visual ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media audio visual dalam meningkatkan pemahaman materi PAI dan Budi Pekerti, mengetahui pemahaman murid terhadap materi pendidikan agama islam dan budi pekerti, dan mengetahui kelebihan dan kekurangan media audio visual di SMPN 3 Leuwimunding. Media audio visual adalah sebuah media pembelajaran yang dijadikan sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, media audio visual ini memiliki dua unsur yang dijadikan sebagai kelebihan daripada media yang lain. Guru PAI di SMPN 3 Leuwimunding seringkali menggunakan YouTube, slide suara dan juga film untuk menyampaikan materi yang akan dibahas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Guru PAI dan juga Murid. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi. Sedangkan untuk keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Media audio visual yang sudah diterapkan ke dalam materi PAI dan Budi Pekerti sudah cukup berjalan dengan baik meskipun masih ada kekurangan. Hal ini ditunjukkan dengan keaktifan para murid ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. 2) Pemahaman murid terhadap materi PAI dan Budi Pekerti sudah cukup terbantu dengan pemanfaatan media audio visual, karena dengan kelebihan yang dimiliki media audio visual para murid dapat melihat, mengamati, dan menulis hal�hal yang penting dalam tayangan film atau video yang disajikan oleh guru. 3) Kelebihan media audio visual dalam pemanfaatannya yaitu, dapat memudahkan guru atau murid untuk menyampaikan dan mendapatkan informasi yang lebih mudah untuk disampaikan dan dipahami. Sedangkan kekurangan media audio visual, dalam pemanfaatannya cukup memakan waktu yang lama, sehingga sulit untuk mengatur situasi dan kondisi yang harus menyesuaikan dengan jam pelajaran
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan, Media Audio Visual, Pemahaman |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 07:19 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:19 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16781 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |