Penerapan Pendekatan Pembelajaran Somatis, Auditori, Visualisasi, Intelektual (SAVI) Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Melaporkan Karya Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi

MOH. SARJANA, (2025) Penerapan Pendekatan Pembelajaran Somatis, Auditori, Visualisasi, Intelektual (SAVI) Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Melaporkan Karya Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108106010_2_bab1.pdf

Download (338kB)
[img] Text
2108106010_2_bab1.pdf

Download (338kB)
[img] Text
2108106010_6_bab5.pdf

Download (244kB)
[img] Text
2108106010_7_dafpus.pdf

Download (351kB)

Abstract

Hasil belajar dan keterampilan melaporkan karya ilmiah merupakan salah satu komponen utama yang perlu ditingkatkan dalam pembelajaran berbasis praktikum. Untuk memaksimalkan keduanya, diperlukan pendekatan pembelajaran yang menggabungkan gaya belajar siswa secara holistik, seperti pendekatan SAVI. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji penerapan pendekatan pembelajaran SAVI berbasis praktikum terhadap keterampilan melaporkan karya ilmiah; (2) menganalisis perbedaan keterampilan melaporkan karya ilmiah pada siswa yang diterapkan dan tidak diterapkan pendekatan SAVI; (3) menganalisis perbedaan peningkatan hasil belajar pada siswa yang diterapkan dan tidak diterapkan pendekatan SAVI; serta (4) mendeskripsikan respon siswa selama penerapan pendekatan pembelajaran SAVI berbasis praktikum. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain pretest-posttest control group yang melibatkan dua kelas di SMAN 1 Sumber, sampel dipilih melalui purposive random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, penilaian laporan karya ilmiah, tes hasil belajar, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas siswa dalam kelas eksperimen tergolong sangat baik, dan keterampilan melaporkan karya ilmiah mereka lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol; (2) berdasarkan analisis nilai produk laporan, tidak terdapat perbedaan signifikan pada keterampilan melaporkan karya ilmiah siswa; (3) berdasarkan analisis statistik pada nilai tes, terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa; serta (3) respon siswa terhadap pendekatan SAVI tergolong tinggi dalam hal motivasi, minat, dan kenyamanan belajar. Hambatan pembelajaran berasal dari kondisi fisiologis dan psikologis siswa. Penelitian ini menegaskan bahwa pendekatan SAVI berbasis praktikum dapat meningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan keterampilan melaporkan karya ilmiah, meskipun masih terdapat hambatan dalam penerapannya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan SAVI, Praktikum, Keterampilan Melaporkan Karya Ilmiah, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 07:33
Last Modified: 07 Aug 2025 07:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16785

Actions (login required)

View Item View Item