NABILAH OKTAVIANI, (2025) Pengaruh Metode Student Team Achievement Division (STAD) Berbasis Game Wordwall Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen Kelas VIII di SMPN 14 Kota Cirebon). Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108101019_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108101019_2_bab1.pdf Download (649kB) |
![]() |
Text
2108101019_6_bab5.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
2108101019_7_dafpus.pdf Download (460kB) |
Abstract
Permasalahan yang ditemui pada penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 14 Kota Cirebon dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran PAIBP, Meskipun guru telah menerapkan metode pembelajaran STAD yang bertujuan untuk meningkatkan fokus dan pemahaman peserta didik, namun faktanya beberapa siswa terlihat kurang fokus dan lebih asyik bermain dengan teman sekelompoknya. Hal ini mengakibatkan proses pembelajaran menjadi kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Menjelaskan Bagaimana penggunaan metode Student Team Achievement Divisions (STAD) berbasis Game Wordwall terhadap motivasi belajar siswa. (2) Untuk Menjelaskan konvensional terhadap motivasi belajar siswa. (3) Untuk Menemukan Apakah motivasi belajar siswa yang menggunakan metode Student Team Achievement Divisions (STAD) berbasis Game Wordwall lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa yang menggunakan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent - control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 52 siswa SMPN 14 Kota Cirebon Tahun Ajaran 2024/2025 yaitu 26 siswa VIII E (kelas eksperimen) dan 26 siswa VIII D (kelas kontrol). Data dikumpulkan menggunakan angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa : (1) penggunaan metode STAD berbasis game wordwall terhadap motivasi belajar siswa dikategorikan sangat baik yaitu sebesar 86,5% karena berada pada rentang 81%- 100%. (2) penggunaan metode konvensional terhadap motivasi belajar siswa dikategorikan baik dengan presentase 77% karena berada pada rentang 61%-80%. (3) motivasi belajar pada siswa yang menggunakan metode student team achievement division (STAD) berbasis game wordwall lebih tinggi memiliki nilai sebesar 86,5% sedangkan motivasi belajar pada siswa yang menggunakan metode konvensional memiliki nilai 77%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STAD, Wordwall, Motivasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 07:59 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:59 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |