PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS POKOK BAHASAN PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 SUMBER

JAKARIA AFRIANSYAH, (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS POKOK BAHASAN PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 SUMBER. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108106028_1_cover.pdf

Download (769kB)
[img] Text
2108106028_2_bab1.pdf

Download (225kB)
[img] Text
2108106028_6_bab5.pdf

Download (25kB)
[img] Text
2108106028_7_dafpus.pdf

Download (346kB)

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan pendekatan yang berlandaskan pada pandangan konstruktivistik, yang menekankan pada keterlibatan aktif peserta didik dalam membangun pemahaman melalui pemecahan masalah. Dalam penelitian ini, model PBL dipadukan dengan Liveworksheets, yaitu aplikasi daring yang memungkinkan guru mengubah lembar kerja konvensional menjadi latihan interaktif dengan koreksi otomatis. Integrasi kedua pendekatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam konteks materi biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model PBL berbantuan Liveworksheets terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Perubahan Lingkungan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah 70 peserta didik kelas X SMAN 1 Sumber yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol, masing-masing terdiri dari 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam peningkatan aktivitas belajar dan keterampilan berpikir kritis antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Selain itu, peserta didik memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model PBL berbantuan Liveworksheets dalam proses pembelajaran. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan Liveworksheets efektif dalam meningkatkan keterlibatan peserta didik dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran biologi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Liveworksheets, Keterampilan Berpikir Kritis, Perubahan Lingkungan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 08 Aug 2025 03:10
Last Modified: 08 Aug 2025 03:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16805

Actions (login required)

View Item View Item