INDAH MUNAWAROH, (2025) PENGARUH KEYAKINAN DIRI (SELF EFFICACY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS VIII DI MTS AN-NUR KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108101029_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108101029_2_bab1.pdf Download (489kB) |
![]() |
Text
2108101029_6_bab5.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
2108101029_7_dafpus.pdf Download (335kB) |
Abstract
Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Salah satu faktor internal yang berperan penting dalam pembelajaran adalah self efficacy, yaitu keyakinan diri seseorang terhadap kemampuan yang dimilikinya. Self efficacy mencerminkan keyakinan individu terhadap kemampuannya dalam menghadapi tantangan belajar dan mencapai hasil yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis di MTs An-Nur Kota Cirebon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII, dan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling . Sampel yang digunakan adalah kelas VIII C sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi angket, tes, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas, kemudian data diolah dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara variabel X (Self Efficacy) terhadap variabel Y (Hasil Belajar) siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis data regresi linier sederhana dengan hasil nilai signifikansi yaitu sebesar 0,002 < 0,05. Sehingga hipotesis dinyatakan terdapat pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis Kelas VIII di MTs MTs An-Nur Kota Cirebon. Adapun hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil data tingkat self efficacy siswa berada pada kategori “cukup” dengan skor rata-rata 99,26. Hasil belajar siswa dalam kategori “cukup” dengan nilai rata-rata 74,94 dan pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Al�Qur‟an Hadis Kelas VIII di MTs MTs An-Nur Kota Cirebon. sebesar 27,8% sedangkan 72,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian selanjutnya disarankan untuk meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar serta menggunakan sampel yang lebih luas, sehingga hasil penelitian dapat memberikan pemahaman yang lebih menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self efficacy, hasil belajar siswa, Al-Qur’an Hadis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 03:37 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 03:37 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16817 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |