STRATEGI PEMBELAJARAN PRAKTIK WUDHU DAN SHALAT PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB-C PANCARAN KASIH KOTA CIREBON

YESI LINDRIATI, (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN PRAKTIK WUDHU DAN SHALAT PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB-C PANCARAN KASIH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.

[img] Text
2108101042_1_cover.pdf

Download (880kB)
[img] Text
2108101042_2_bab1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
2108101042_6_bab5.pdf

Download (240kB)
[img] Text
2108101042_7_dafpus.pdf

Download (215kB)

Abstract

Dalam pembelajaran praktik wudhu dan shalat pada anak tunagrahita sering menghadapi berbagai tantangan. Anak tunagrahita memiliki keterbatasan dalam aspek intelektual sehingga kesulitan memahami urutan gerakan wudhu dan shalat serta kesulitan menjaga fokus ketika pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat supaya pembelajaran dapat optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran praktik wudhu dan shalat pada anak tunagrahita di SLB-C Pancaran Kasih Kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran praktik wudhu dan shalat di SLB-C Pancaran Kasih Kota Cirebon adalah strategi pengenalan langsung yang dikombinasikan dengan strategi individualisasi. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa faktor pendukung, diantaranya guru yang kompeten, penyediaan fasilitas di sekolah, orang tua, konsisten dalam pembelajaran, ketersediaan modul ajar, dan program yang mendukung. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam pembelajaran yaitu hambatan dari waktu, hambatan dari peserta didik, dan ketidaksesuaian dengan target pembelajaran. Untuk mengatasi hambatan tersebut, guru menerapkan berbagai strategi, seperti penyederhanaan kalimat, pendekatan emosional siswa, optimalisasi dalam pembelajaran, dan memvariasikan pembelajaran dengan metode drill.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Anak Tunagrahita, Wudhu, Shalat, SLB-C.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 08 Aug 2025 04:24
Last Modified: 08 Aug 2025 04:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16835

Actions (login required)

View Item View Item