Konsepsi Pendidikan Anak dalam Keluarga: Studi Komparasi Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dan Dorothy Law Nolte

Yuha Ilaiya, (2025) Konsepsi Pendidikan Anak dalam Keluarga: Studi Komparasi Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dan Dorothy Law Nolte. Masters thesis, S2-PAI UIN Siber Syekh Nurjati.

[img] Text
1. COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (719kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (226kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kompleksitas tantangan pendidikan anak di era modern, sehingga diperlukan telaah terhadap gagasan Abdullah Nashih Ulwan dan Dorothy Law Nolte guna merumuskan pendekatan pendidikan keluarga yang komprehensif dan kontekstual. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: 1) Bagaimana latar belakang keluarga dan intelektualitas Abdullah Nashih Ulwan dan Dorothy Law Nolte, 2) Bagaimana konsepsi pendidikan anak dalam keluarga berdasarkan perspektif Abdullah Nashih Ulwan, 3) Bagaimana konsepsi pendidikan anak dalam keluarga berdasarkan perspektif Dorothy Law Nolte, 4) Apa perbandingan antara konsepsi pendidikan anak dalam keluarga berdasarkan perspektif Abdullah Nasih Ulwan dan Dorothy Law Nolte, 5) Bagaimana relevansi dari konsepsi pendidikan anak dalam keluarga berdasarkan perspektif Abdullah Nasih Ulwan dan Dorothy Law Nolte dengan pendidikan masa kini.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji secara mendalam dan membandingkan konsepsi pendidikan anak dalam keluarga menurut Abdullah Nashih Ulwan dan Dorothy Law Nolte, dua tokoh dari latar belakang budaya dan keilmuan yang berbeda, serta menelaah relevansi pemikiran mereka terhadap dinamika dan kebutuhan pendidikan anak di era modern. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka dan analisis komparatif, guna menggali nilai-nilai filosofis, prinsip dasar, serta strategi pendidikan keluarga yang ditawarkan oleh masing-masing tokoh, lalu mengaitkannya dengan tantangan pendidikan kontemporer yang menuntut sinergi antara aspek moral-spiritual dan psikososial.Hasil temuan dalam penelitian ini menampilkan bahwa Abdullah Nashih Ulwan menekankan pendidikan anak sebagai tanggung jawab spiritual yang menyeluruh, berlandaskan nilai-nilai Islam dan keteladanan keluarga, sementara Dorothy Law Nolte mengedepankan pentingnya pengalaman emosional positif dan pola asuh yang penuh kasih dalam membentuk karakter anak. Meskipun berasal dari latar belakang yang berbeda, keduanya berpandangan bahwa keluarga adalah fondasi utama pendidikan anak. Pemikiran mereka terbukti relevan dengan tantangan pendidikan masa kini dan sejalan dengan prinsip pembelajaran mendalam dalam Kurikulum Merdeka, terutama dalam penguatan karakter, peng

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 08 Aug 2025 07:22
Last Modified: 13 Aug 2025 02:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16845

Actions (login required)

View Item View Item