Widia Fitri Anggraeni, (2025) Penerapan Pendekatan Etnosains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Imun Kelas XI di SMA Negeri 5 Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.
![]() |
Text
2108106077_1_cover.pdf Download (12MB) |
![]() |
Text
2108106077_2_bab1.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
2108106077_6_bab5.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
2108106077_7_dafpus.pdf Download (356kB) |
Abstract
Etnosains merupakan pengetahuan yang dimiliki oleh suatu bangsa atau lebih tepat tepatnya suatu suku bangsa atau kelompok sosial tertentu. Etnosains sendiri juga sering disebut dengan kearifan lokal. Kearifan lokal merupakan identitas konstruktif yang harus kita jaga karena karakteristik masyarakat di suatu daerah sehingga dapat menjadi filter dan juga tidak tergerus oleh budaya luar. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan penerapan pendekatan etnosains dalam pembelajaran sistem imun untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan bantuan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan penerapan pendekatan etnosains dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan dengan menggunakan pendekatan etnosains dalam pembelajaran sistem imun dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta aktivitas belajar siswa. Analisis data menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, Selain itu, respon siswa terhadap penerapan pendekatan etnosains dalam pembelajaran sistem imun sangat positif, dimana siswa merasa lebih aktif, termotivasi, dan memiliki pemahaman dalam pembelajaran yang lebih baik. Dengan demikian, penerapan pendekatan etnosains dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, khususnya dalam pembelajaran biologi. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran inovatif yang lebih efektif dan menarik bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnosains, kemampuan berpikir kritis siswa, sistem imun |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 01:31 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 01:31 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16860 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |