PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS ARGUMENTASI PESERTA DIDIK PADA TOPIK PEMBELAJARAN KOMPONEN EKOSISTEM DAN INTERAKSINYA

Muhammad Ridzky Herdiana Pratama, (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS ARGUMENTASI PESERTA DIDIK PADA TOPIK PEMBELAJARAN KOMPONEN EKOSISTEM DAN INTERAKSINYA. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108106097_1_cover.pdf

Download (985kB)
[img] Text
2108106097_2_bab1.pdf

Download (297kB)
[img] Text
2108106097_6_bab5.pdf

Download (213kB)
[img] Text
2108106097_7_dafpus.pdf

Download (279kB)

Abstract

Kurangnya kualitas argumentasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran sehingga perlu ditingkatkan. Peningkatan kualitas argumentasi dapat dilakukan dengan strategi pembelajaran yang tepat yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Argument Driven Inquiry menggunakan platform Linktree. Argument Driven Inquiry merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas argumentasi sehingga keterampilan abad 21 yang harus dimiliki oleh peserta didik dapat berkembang dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji aktivitas siswa dalam model pembelajaran Argument Driven Inquiry menggunakan platform Linktree dalam pembelajaran Biologi, untuk mengkaji kualitas argumentasi peserta didik pada penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry menggunakan platform Linktree dalam pembelajaran Biologi, dan untuk mengkaji faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapan model Argument Driven Inquiry menggunakan platform Linktree dalam pembelajaran Biologi. Penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry dibantu dengan platform Linktree dimana platform tersebut merupakan media yang berisikan berbagai tautan yang dapat membantu kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Plumbon dengan populasi penelitian yaitu kelas X dan sampel penelitian adalah kelas X-10 dan kelas X-11. Hasil penelitian diperoleh bahwasannya aktivitas peserta didik selama 3 kali pertemuan pada kelas eksperimen menunjukan hasil bervariatif. Nilai aktivitas peserta didik dengan nilai tertinggi adalah sebesar 100 pada sintak identifikasi tugas sedangkan nilai terendah sebesar 75,78. Terdapat perbedaan peningkatan kualitas argumentasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil pretest kualitas argumentasi pada kelas eksperimen berada pada level 1 dan 2 sedangkan hasil posttest berada pada level 3. Hasil pretest kualitas argumentasi pada kelas kontrol berada pada level 1 dan 2 sedangkan hasil posttest berada pada level 2. Faktor yang mendukung kegiatan pembelajaran pada kelas eksperimen diantaranya adalah kondisi fisiologis dan psikologis peserta didik dan guru, ketertarikan peserta didik dalam pembelajaran, media dan bahan ajar yang diberikan oleh guru serta dukungan guru sejawat dan tenaga kependidikan sedangkan faktor penghambat seperti kondisi ruangan dan lingkungan belajar, sarana dan prasarana sekolah dan manajemen sekolah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Argument Driven Inquiry, Linktree, Kualitas Argumentasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 11 Aug 2025 01:53
Last Modified: 11 Aug 2025 01:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16867

Actions (login required)

View Item View Item