PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) BERBANTUAN E-LKPD UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA BAHASAN EKOSISTEM.

MAESAROH, (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) BERBANTUAN E-LKPD UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA BAHASAN EKOSISTEM. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108106100_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108106100_2_bab1.pdf

Download (269kB)
[img] Text
2108106100_6_bab5.pdf

Download (249kB)
[img] Text
2108106100_7_dafpus.pdf

Download (469kB)

Abstract

Kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran biologi berdampak pada kemampuan literasi sains siswa. Peningkatan kemampuan literasi sains dapat dilakukan dengan inovasi pembelajaran yang lebih baik salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas siswa pada penerapan model TAPPS menggunakan e-lkpd, menganalisis perbedaan peningkatan literasi sains pada siswa yang diterapkan model TAPPS berbantuan e-lkpd dengan siswa yang diterapkan model reguler. Dan mengkaji respon siswa setelah melakukan pembelajara dengan diterapkan model TAPPS berbantuan e-lkpd. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon. Populasi kelas X, sampelnya kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan X.1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian aktivitas selama 4 kali pertemuan menunjukan bahwa rata-rata aktivitas siswa yang paling tinggi yakni pada sintak orientasi siswa pada masalah dengan nilai rata-rata pada pertemuan pertama 94, pertemuan kedua 93, pertemuan ketiga 97 dan pertemuan terakhir 98. Terdapat perbedaan peningkatan literasi sains siswa yang diterapkan model TAPPS dengan siswa yang tidak diterapkan model TAPPS. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata n-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,50 dengan kategori sedang, sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 0,39 dengan kategori sedang. Respon siswa yang diterapkan model TAPPS menunjukan respon yang posisitf dimana pada hasil persesntase angket respon siswa keseluruhannya yakni 64,09%. Maka dapat dikatehui bahwa respon siswa diterapkannya model TAPPS termasuk kedalam kategori baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), E-lkpd, Literasi Sains
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:06
Last Modified: 11 Aug 2025 02:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16868

Actions (login required)

View Item View Item